Pabrikan Korsel Mulai Rasakan Dampak Wabah Corona

Pabrikan kendaraan dari Korea Selatan, tampaknya mulai merasakan dampak akibat penyebaran virus corona yang mengganggu jalannya produksi dan operasi pabrik di China.

Pabrikan Korsel Mulai Rasakan Dampak Wabah Corona
istimewa

INILAH,Seoul  - Pabrikan kendaraan dari Korea Selatan, tampaknya mulai merasakan dampak akibat penyebaran virus corona yang mengganggu jalannya produksi dan operasi pabrik di China.

Terdapat lima produsen mobil di negara itu, seperti Hyundai, Kia Motors Corp, GM Korea Co, Renault Samsung Motors Corp, dan SsangYong Motor Co, serta dua perusahaan semikonduktor terkemuka, seperti Samsung Electronics Co dan SK Hynix Inc.

Mereka mengatakan, operasi dan produksi barang mungkin akan menghadapi kesulitan jika situasi berubah status dari yang buruk menjadi lebih buruk.

Pembuat suku cadang mobil Jerman Leoni AG, dari Leoni Wiring Systems Korea Inc, baru-baru ini memutuskan untuk menunda operasi pembuatan kabel mereka di pabrik China hingga 9 Februari 2020. Keputusan itu akan mempengaruhi produksi kendaraan GM Korea, Renault Samsung dan SsangYong.

Tiga pembuat mobil Korea Selatan saat ini sedang memeriksa persediaan mereka dan mencari cara untuk mengamankan bagian-bagian dari pemasok lain jika ada yang tidak beres.

Dalam kasus ini, SsangYong Motor telah menjadi produsen mobil pertama yang menjadi korban penyebaran virus corona.

Pada Jumat pekan lalu (31/1/2020), SsangYong Motor mengatakan akan menghentikan operasi pabrik perakitan mobil satu-satunya di Pyeongtaek, 70 kilometer selatan Seoul, dari 4-12 Februari 2020 karena kekurangan suku cadang kabel.

Halaman :


Editor : JakaPermana