PANDI: Pengguna Nama Domain .id Capai 500.000

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) melaporkan bahwa hingga 25 Februari 2021 pengguna nama domain .id sudah mencapai 500.000.

PANDI: Pengguna Nama Domain .id Capai 500.000
istimewa

INILAH, Jakarta - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) melaporkan bahwa hingga 25 Februari 2021 id/tag/pengguna'>pengguna nama id/tag/domain'>domain .id sudah mencapai 500.000.

Data PANDI menyebutkan, dari 13 nama id/tag/domain'>domain yang mereka kelola, registrasi terbanyak adalah .id dengan 193.280, diikuti .co.id sebanyak 190.943, dan .my.id 99.855 id/tag/domain'>domain.

Deputi Bidang Pengembangan Bisnis, Marketing dan Kerja Sama PANDI Gunawan Tyas Jatmiko mengatakan, untuk mencapai angka setengah juta id/tag/pengguna'>pengguna itu tidaklah mudah, karena perlu strategi pemasaran yang tepat untuk mendorongnya.

Baca Juga : Trump Akan Bikin Platform Media Sosial Sendiri

"Ada tujuh poin inti yang menjadi kunci keberhasilan sejauh ini, di antaranya adalah memudahkan syarat pendaftaran untuk nama id/tag/domain'>domain .id dan .my.id, lalu memperluas channel pemasaran di dalam dan luar negeri," kata Gunawan, seperti dikutip Senin (22/3/2021).

Selain itu, lanjut dia, PANDI juga menurunkan harga nama id/tag/domain'>domain .my.id, menjadi nama id/tag/domain'>domain paling murah di Indonesia yang memberikan dampak paling signifikan terhadap pertumbuhan nama id/tag/domain'>domain .id secara keseluruhan.

PANDI juga memberlakukan batas harga terendah atau harga eceran tertinggi (HET) untuk menghindari perang harga sekaligus memberikan margin harga jual yang menarik.

Baca Juga : LG Rilis AC Hemat Listrik dengan Turbo Cooling

Gunawan menyebutkan bahwa saat ini PANDI gencar berkolaborasi dengan mitra penjualan untuk melakukan kegiatan online maupun offline untuk meluaskan brand awareness nama id/tag/domain'>domain .id.

Halaman :


Editor : JakaPermana