Tambah Lagi, 8 Produk UMKM Kota Bandung Hadir di Uniqlo

Produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) dan Dekranasda Kota Bandung naik kelas lewat Uniqlo Neighbor Hood. Terbaru, ada 8 produk lokal dipajang di Uniqlo 23 Paskal.

Tambah Lagi, 8 Produk UMKM Kota Bandung Hadir di Uniqlo
Produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) dan Dekranasda Kota Bandung naik kelas lewat Uniqlo Neighbor Hood. Terbaru, ada 8 produk lokal dipajang di Uniqlo 23 Paskal./istimewa
INILAHKORAN, Bandung-Produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) dan Dekranasda Kota Bandung naik kelas lewat Uniqlo Neighbor Hood. Terbaru, ada 8 produk lokal dipajang di Uniqlo 23 Paskal.
 
Ketua TP PKK Kota Bandung Yunimar Mulyana mengaku bangga atas capaian UMKM Kota Bandung. Sebelumnya, ada 6 UMKM yang lolos kurasi dan produknya ditampilkan di Uniqlo Heritage, Jl. L.L.R.E Martadinata.
 
“Semoga produk UMKM Kota Bandung bisa semakin dikenal, omzet mereka naik, dan bisa memicu kegiatan ekonomi di Kota Bandung,” ucapnya, Kamis 16 Februari 2023.
 
Ia juga berterima kasih kepada Uniqlo Indonesia lewat Uniqlo Neighbor Hood yang sama-sama mendukung kemajuan UMKM di Kota Bandung
 
Menurutnya, perlu ada kolaborasi lebih banyak lagi agar semakin banyak UMKM di Kota Bandung yang terakselerasi.
 
“Sekarang level mereka (UMKM terpilih) sudah bukan nasional lagi, tetapi sudah mendunia,” ucapnya.
 
Sementara itu, Kepala Disdagin Kota Bandung Elly Wasliah menyebut, upaya lain yang dilakukan Pemkot Bandung dalam mengakselerasi UMKM antara lain dengan fasilitas yang ada di mal.
 
Misalnya seperti di Trans Studio Mal yang menghadirkan 21 brand UMKM Kota Bandung dari Disdagin Kota Bandung dan Dekranasda Kota Bandung dalam Pasar Kreatif Store.
 
“Dengan ditampilkan di mal-mal, diharapkan para pelaku UMKM bisa naik kelas,” ujarnya.
 
Di tempat yang sama, Director Corporate Affairs Uniqlo Indonesia, Irma Yunita berharap, para pelaku UMKM yang lolos kurasi dalam Uniqlo Neighbor Hood mendapatkan eksposur promosi yang lebih luas.
 
Ia pun memastikan produk UMKM yang dipajang di toko Uniqlo sudah terkurasi dan memiliki kualitas bersaing sebagai produk lokal.
 
“Dan dengan traffic di store, kami berharap produk-produk UMKM ini mendapat eksposur serta jangkauan yang lebih luas lagi. Mereka berpotensi akan lebih dikenal,” ujarnya.
 
Program Uniqlo Neighbor Hood juga mendapat apresiasi positif dari pelaku UMKM Kota Bandung. Salah satunya Nina Hermina Kamil. Produk usahanya, Nina Kreasi, lolos kurasi dan dipajang di Uniqlo 23 Paskal.
 
Ia juga mengapresiasi kolaborasi Pemkot Bandung dengan brand-brand ternama seperti Uniqlo karena bisa memberi dampak positif terhadap usaha yang dijalankannya.
 
“Kita merasakan manfaatnya, bagaimana produk kami bisa jauh lebih dikenal,” ujar Nina.
 
Sebagai informasi, Nina Kreasi merupakan produk UMKM yang menjual tas wanita dan pria dari bahan goni. Ia sudah menjalankan usaha ini secara legal sejak 2004 dan memulai produksi pada 2014.
 
Produknya pun sudah mendunia. Ia sudah mengirim produknya ke Swiss dan Australia.
 
“Harapannya bisa lebih dikenal lagi dan tentunya bangga sebagai UMKM Kota Bandung yang mendunia,” ucapnya.
 
Sebagai informasi, pada Uniqlo Neighbor Hood, produk UMKM Kota Bandung dipamerkan beserta deskripsi produknya. Tersedia juga pemindai (scan) produk yang menghubungkan calon pembeli ke tautan penjualan di media sosial. ***


Editor : JakaPermana