TPST Cicabe Tak Berlanjut, Warga Apresiasi Pemerintah

Penghentian dilakukan menyusul adanya penolakan dan dinamika di masyarakat TPST Cicabe di Kelurahan Jatihandap, Kota Bandung.

TPST Cicabe Tak Berlanjut, Warga Apresiasi Pemerintah

INILAHKORAN, Bandung - Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Cicabe akan dihentikan pemerintah. Hal itu menyusul adanya penolakan dan dinamika di masyarakat TPST Cicabe di Kelurahan Jatihandap, Kota Bandung.

Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung Yudi Cahyadi menyebut, informasi penghentian rencana pembangunan TPST Cicabe itu dikemukakan langsung Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung dalam sebuah audiensi. 

"Dan alhamdulillah, ada informasi update dari kementerian PUPR bahwa rencana pembangunan TPST ini informasinya dibatalkan. Informasinya langsung dari DLH tadi yang menyampaikan," kata Yudi Cahyadi, Selasa 5 September 2023.

Baca Juga : Tak Bangun KBS, Camat-Lurah Siap-siap Disanksi

Pihaknya tidak menampik, salah satu alasan batalnya pembangunan TPST Cicabe adalah terkait dengan adanya dinamika dari masyarakat. Legislator terus berkomitmen mengawal pembangunan-pembangunan yang bersentuhan dan berdampak kepada warga Kota Bandung

"Masyarakat tidak usah khawatir, karena pembangunan tidak ujug-ujug. Pemerintah juga harus memberikan keteladanan bagaimana menciptakan proses pembangunan secara kondusif ramah lingkungan, mengutamakan kepentingan masyarakat terutama keselamatan masyarakat," ucapnya.

Meski begitu, Yudi mengimbau kepada masyarakat untuk menjadi status darurat sampah sebagai peringatan akan pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan ramah lingkungan. Diperlukan kesadaran dan kedisiplinan agar sampah tidak menjadi persoalan yang terus berulang.

Baca Juga : Bupati Dadang Berikan Kompensasi Diskon 30 Persen Tagihan kepada Pelanggan Perumda Air Minum Tirta Raharja yang Terdampak El Nino

Perwakilan warga perumahan City Garden Residence (CGR) Roni Farfian mengapresiasi, langkah pemerintah untuk menghentikan pembangunan TPST Cicabe. Pihaknya telah melakukan sejumlah kajian terkait dampak-dampak negatif dari aktivitas TPST.

Halaman :


Editor : Ahmad Sayuti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.