2020, Target Keberangkatan Haji dari BIJB

Pemerintahan Provinsi Jawa Barat menargetkan pada 2020 mendatang Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati menjadi tempat pemberangkatan haji. Sedangkan, untuk keberangkatan jamaah umrah ditargetkan terealisasi pada Agustus-September 2019.

2020, Target Keberangkatan Haji dari BIJB
istimewa

INILAH, Bandung – Pemerintahan Provinsi Jawa Barat menargetkan pada 2020 mendatang Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati menjadi tempat pemberangkatan haji. Sedangkan, untuk keberangkatan jamaah umrah ditargetkan terealisasi pada Agustus-September 2019.

Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, agar target 2020 itu terpenuhi harus ada penetapan terlebih dahulu dari Kementerian Agama RI. 

"Saya sudah minta bulan Juni dan beliau (Kakanwil Kemenag Jabar) sudah berjanji bulan Juni penetapan itu bisa selesai," kata Iwa 
usai silaturahim dan koordinasi dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat di Kanwil Kemenag Jabar, Senin (10/6/2019).

Diketahui, Kemenag RI menyatakan BIJB tidak dapat digunakan untuk keberangkatan haji tahun ini karena tak mungkin mengubah perjanjian bilateral antara pemerintah Indonesia dan Arab Saudi.

Selain itu terlalu banyak instansi dalam negeri dan luar negeri yang perlu dilibatkan, sehingga pengurusannya tidak dapat dilakukan dalam tempo singkat.  

Berdasarkan rapat dengan Kemenag, Iwa mengatakan bahwa embarkasi haji semakin pasti akan dibangun di Kabupaten Indramayu. Menjadi pertimbangan utama karena Pemkab Indramayu telah memberikan hibah lahan seluas 8 hektare beserta sertifikatnya.

"Sehingga atas dasar tersebut, maka Kementerian Agama menetapkan embarkasi haji adanya di Kabupaten Indramayu. Berada  sekitar 40 kilometer dari Bandara Kertajati dengan jarak tempuh 30 menit," ungkapnya.

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani