2023, Disperumkim Kota Bogor Targetkan 500 Pohon Miliki KTP

Disperumkim Bogor menargetkan di tahun 2023 sebanyak 500 pohon bakal memiliki KTP dan hingga kini pihaknya terus melakukan program KTP pohon

2023, Disperumkim Kota Bogor Targetkan 500 Pohon Miliki KTP
Sebanyak 500 pohon ditargetkan memiliki KTP pada tahun 2023. Rizki Mauludi

INILAHKORAN, Bogor –  Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkin) Kota Bogor terus melakukan identifikasi kesehatan pohon dengan dipasang Kartu Tanda Pohon (KTP). 

Kepala Bidang Pengelolaan Keanekaragaman Hayati pada Disperumkim Kota Bogor, Irfan Zacky mengatakan, tahun 2023 ini rencananya ada 500 pohon yang akan dipasang KTP.

Irfan memaparkan, dalam kegiatan KTP pohon pihak Disperumkim bekerja sama dengan pihak Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). 

Baca Juga : Disebut Rentenir, KSU Karya Mandiri Ambil Langkah Tegas

"KTP pohon masih berlanjut, tahun 2023 ada sekitar 500 pohon yang akan disematkan KTP dan kami masih kerja sama dengan BRIN. Tahun 2022 kemarin ada sebanyak 250 pohon," ungkap Irfan kepada wartawan pada Selasa  31 Januari 2023.

Irfan menerangkan, program KTP ini difokuskan pada pohon-pohon yang berada di ruas jalan berstatus jalan Kota Bogor. Mengingat hal itu diperkirakan baru 10 persen pohon yang ber-KTP

"Pohon-pohon untuk di jalan-jalan Kota Bogor. Ada 463 ruas jalan di luar jalan nasional dan jalan provinsi. Karena seperti Jalan Pajajaran (jalan nasional), dan Jalan Pemuda untuk jalan provinsi sudah ber-KTP," terangnya.

Baca Juga : Disebut Rentenir, KSU Karya Mandiri Ambil Langkah Tegas

Irfan menjelaskan, sebelum dipasang KTP, pihak BRIN akan melakukan serangkaian pemeriksaan terlebih dahulu untuk penentuan status pohon. Pengambilan data oleh tim BRIN bisa sekitar 20-25 pohon setiap hari. 

Halaman :


Editor : Ahmad Sayuti