350 Orang Pasien Ikut Operasi Katarak Gratis dari Kemensos

Kementerian Sosial bekerja sama dengan RSUD Ciawi dan rumah sakit lainnya di wilayah Bogor melakukan operasi katarak gratis kepada 350 pasien yang rata-rata sudah lanjut usia (Lansia).

350 Orang Pasien Ikut Operasi Katarak Gratis dari Kemensos
Kementerian Sosial bekerja sama dengan RSUD Ciawi dan rumah sakit lainnya di wilayah Bogor melakukan operasi katarak gratis kepada 350 pasien yang rata-rata sudah lanjut usia (Lansia). Reza Zurifwan

INILAHKORAN, Bogor-Kementerian Sosial bekerja sama dengan RSUD Ciawi dan rumah sakit lainnya di wilayah Bogor melakukan operasi katarak gratis kepada 350 pasien yang rata-rata sudah lanjut usia (Lansia).

"Hari ini, di wilayah Bogor kami mulai melakukan operasi katarak, dimana dari 1.000 pasien, setelah menjalani screening yang lolos hanya 350 pasien," ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini kepada wartawan di RSUD Ciawi, Rabu, 25 Oktober 2023.

Tri Rismaharini ini menuturkan, bahwa 350 pasien yang menjalani operasi katarak, tidak hanya dari Kabupaten dan Kota Bogor, tetapi juga dari Kabuaten Sukabumi dan Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Baca Juga : Daen Berharap, Iwan Setiawan Menarik Investasi Asing Sepulang dari Prancis

"Kami melakukan operasi katarak gratis ni di seluruh Indonesia, hari ini, di Bogor, pasiennya juga ada dari Kabuaten Sukabumi dan Kabupaten Lebak, Provinsi Banten," tutur Tri Rismaharini.

Mantan Wali Kota Surabaya ini menjelaskan, bahwa jika tidak swgera dioperasi, maka pasien katarak ini akan menjadi tunanetra.

"Kalau pasien katarak ini tidak segera dioperasi, maka mereka menjadi penyandang dissabilitas atau tuna netra, oleh karena itu, langkah ini untuk mencegah dan bagi pasien, setelah dioperasi mereka jadi lebih mandiri dan produktif," jelas Risma sapaan akrabnya.

Baca Juga : Elektabilitas Jaro Ade Menguat, Yusfitriadi: Rugi Besar Kalau Airlangga Hartarto Tidak Mencalonkannya sebagai Cabup Bogor

Direktur Utama RSUD Ciawi Fusia Meidiawaty menerangkan pasca menjalani operasi katarak, pasien dilarang basah, jangan mengangkat barang berat dan jangan banyak menunduk selama dua hari

Halaman :


Editor : Ahmad Sayuti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.