DKPP Pastikan 111 Ribu Hewan Kurban di Kota Bandung Sehat

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung memastikan sebanyak 11.000 hewan kurban yang telah menjalani pemeriksaan di 196 lokasi penjualan dalam kondisi sehat.

DKPP Pastikan 111 Ribu Hewan Kurban di Kota Bandung Sehat

INILAHKORAN, Bandung - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung memastikan sebanyak 11.000 hewan kurban yang telah menjalani pemeriksaan di 196 lokasi penjualan dalam kondisi sehat.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kota Bandung, Wilsandi Saefullah, mengatakan hewan kurban yang telah dinyatakan sehat langsung diberi kalung sehat yang berisi barcode yang bisa dipindai melalui aplikasi e-Selamat.

"Barcode tersebut berisi data hewan kurban untuk memudahkan masyarakat kota Bandung mencari hewan kurban. Satu hewan, satu barcode kita lengkapi dengan foto hewannya," kata Wilsandi di Bandung, Jumat.

Baca Juga : Kabupaten Bandung Raih Penghargaan Pemanfaatan SIASN Terbaik dari BKN RI

Dari hasil pemeriksaan, kata dia, tidak ditemukan hewan yang terjangkit penyakit menular hewan seperti Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan penyakit menular lainnya. Hanya ditemukan hewan yang mengalami sakit akibat adaptasi dalam perjalanan.

"Untuk kesehatan kita periksa semua apakah ada penyakit. Alhamdulillah belum ditemukan penyakit yang berdampak luas, hanya penyakit karena perjalanan," kata Wilsandi.

Kendati demikian, pihaknya akan terus melakukan pengawasan di tempat-tempat penampungan yang menjual hewan kurban untuk memastikan daging yang dikonsumsi masyarakat saat Hari Raya Idul Adha 1445 H dalam kondisi baik.

Baca Juga : Komplotan Curanmor Bandung Ditangkap, Satu Pelaku Ditembak

"Hewan yang sakit dan telah dilakukan perawatan akan diperiksa lagi. Kalau misalnya kondisi membaik dan sudah sehat kita labeli kalung," katanya.

Halaman :


Editor : Ahmad Sayuti