Keutamaan Salat Bada Jumat

MENURUT para ahli ilmu terdapat salat sunah setelah salat jumat akan tetapi tidak ada salat tertentu sebelumnya.

Keutamaan Salat Bada Jumat
Ilustrasi/Net

MENURUT para ahli ilmu terdapat salat sunah setelah salat jumat akan tetapi tidak ada salat tertentu sebelumnya.

Terdapat riwayat bahwa salat sunah setelah jumat dilakukan dengan dua rakaat. Ada riwayat yang menyebutkan empat rakaat dan ada juga riwayat yang menyebutkan enam rakaat dari hadis-hadis dan atsar-atsar berikut:

Dari Ibnu Umar bahwa "Nabi saw melaksanakan salat badiyah jumat dengan dua rakaat di rumahnya." (HR. Bukhori Muslim)

Baca Juga : Inilah Tiga Waktu Terbaik untuk Berhubungan

Di dalam riwayat Muslim dari Ibnu Umar bahwa dia mensifati salat sunah Rasulullah saw. Ibnu Umar berkata bahwa beliau saw tidaklah salat setelah jumat hingga beliau pulang lalu melaksanakan salat dua rakaat di rumahnya."

Dari Abu Hurairoh berkata,"Rasulullah saw bersabda, Apabila seorang dari kalian melaksanakan salat jumat maka salatlah setelahnya empat rakaat." (HR. Muslim)

Dari Ibnu Umar bahwa apabila dia berada di Mekah dan melaksanakan salat jumat kemudian dia maju ke depan untuk salat dua rakaat lalu dia maju ke depan untuk salat empat rakaat. Sedangkan apabila dia di Madinah dan melaksanakan salat jumat lalu dia pulang ke rumah kemudian melaksanakan salat dua rakaat dan (sebelumnya) dia tidaklah melaksanakan salat di masjid. Dia pun ditanya tentang itu. Dia menjawab bahwa Rasulullah saw melakukan yang seperti ini." (HR. Tirmidzi, al Iraquy mengatakan sanadnya shahih)

Baca Juga : Hubungan Intim Cara Islami Bernilai Ibadah

Ibnu Umar melakukan salat sunah dua rakaat kemudian empat rakaat dan ada kemungkinan bahwa apa yang dilakukannya itu juga berasal dari perkataan Rasulullah saw tentangnya dan juga perbuatan Nabi saw. Diriwayatkan dari Ali bahwa Nabi saw bersabda,"Barangsiapa yang melaksanakan salat setelah jumat maka lakukanlah enam rakaat." Diriwayatkan dari Abu Abdurrahman berkata," Ibnu Masud telah mengajarkan orang-orang agar melaksanakan salat setelah jumat dengan empat rakaat. Dan pada saat kedatangan Ali bin Abi Thalib maka beliau mengajarkan mereka untuk shalat enam rakaat."

Halaman :


Editor : Bsafaat