Mantan Wabup Cirebon Keluar dari PDIP, Kans Yoga Menguat Jadi Wabup

Keluarnya Mantap Wabup Cirebon Wahyu Tjiptaningsih (Ayu) dari Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Cirebon, dianggap memberikan angin segar kepada Yoga Setiawan.

Mantan Wabup Cirebon Keluar dari PDIP, Kans Yoga Menguat Jadi Wabup
Pakar politik Kabupaten Cirebon Wahyono

INILAHKORAN, Cirebon - Keluarnya Mantap Wabup Cirebon Wahyu Tjiptaningsih (Ayu) dari Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Cirebon, dianggap memberikan angin segar kepada Yoga Setiawan

Pengamat politik Cirebon, Wahyono menilai, dengan keluarnya Ayu, otomatis Kans Imron untuk dicalonkan bupati Cirebon semakin menguat. Alhasil, peluang Yoga yang sudah daftar menjadi Cawabup dari PDIP semakin berpeluang.

"Waktu masih ada wacana PDIP mengusung pasangan Imron-Ayu atau Ayu-Imron, peluang Yoga sepertinya sudah tertutup. Tapi dengan daftarnya Ayu ke partai lain, peluang Imron dapat rekom itu sangat besar. Termasuk Yoga sebagai cawabup. Dia sudah punya pengalaman sebagai anggota DPRD Kabupaten Cirebon," ungkap Wahyono, Rabu 12 Juni 2024.

Baca Juga : PLN UP3 Garut Aliri Listrik PT Niagatama Kencana 82.500 VA

Dirinya menjelaskan, muncul wacana baru yaitu Selly-Imron adalah hal yang biasa. Namun dirinya yakin, Selly tidak akan mau gambling untuk berkompetisi dalam konstalasi Pilkada Kabupaten Cirebon. Selky, kemungkinan akan memilih menjadi anggota DPR-RI, hasil Pemilu tahun ini. Dengan kondisi seperti itu, rekom kemungkinan besar akan kembali diberikan kepada Imron.

"Kalau PDIP meminta dari kader yang sudah terpilih menjadi anggota dewan, kemungkinan banyak yang tidak mau. Mau tidak mau pilihan kembali ke Imron. Tinggal Imron mencari wakilnya. Dan Yoga yang sudah kenal lama, peluangnya sangat tinggi untuk dipilih sebagai Cawabup," jelasnya.

Wahyono memprediksi, PDIP di injuri time tetap akan mengusung satu paket. Meskipun santer terdengar DPC PDIP kabupaten Cirebon akan berkoalisi, namun semua penentu kebijakan ada di DPP. Untuk Kabupaten Cirebon sendiri, suara incumbent PDIP masih cukup kuat, termasuk ketika mengusung calon bupati dan wakil bupati cirebon.

Baca Juga : Mantan Wabup Cirebon Ayu Resmi Mundur dari PDIP

"Pasangan Imron-Yoga itu cukup ideal ya. Tinggal komunikasi intens saja antara mereka dengan DPC dan DPP.  Kalau ada kesamaan visi misi saya kira tidak ada yang sulit dicapai kata kesepakatan," jelasnya.

Halaman :


Editor : Ahmad Sayuti