Pekan Ini Pemprov Gelar Germas Lawan DBD

Bey Machmudin mengungkapkan, pekan ini atau akhir Mei 2024 pihaknya akan melakukan gerakan masyarakat (Germas), deklarasi lawan demam berdarah dengue (DBD).

Pekan Ini Pemprov Gelar Germas Lawan DBD

INILAHKORAN, Bandung - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengungkapkan, pekan ini atau akhir Mei 2024 pihaknya akan melakukan gerakan masyarakat (Germas), deklarasi lawan demam berdarah dengue (DBD).

Germas secara seremonial akan dilakukan di Kabupaten Majalengka kata Bey Machmudin dan akan dilakukan serentak, di 27 kota/kabupaten sebagai semangat bersama melawan DBD.

Bey Machmudin, Germas tidak hanya pemerintah tetapi juga melibatkan Kodam III Siliwangi, Polda Jabar, masyarakat dan stakeholders terkait untuk menekan kasus DBD.

Baca Juga : Tunggu Kajian Kemenkeu, Pemprov Jabar Masih Optimistis Groundbreaking TPPAS Legoknangka Juni Ini

"Minggu depan kita akan bikin gerakan. Karena enggak bisa parsial, jadi dengan semua stakeholders," ujar Bey Machmudin di Gedung Sate, Kota Bandung baru-baru ini.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Vini Adiani Dewi mengungkapkan, Germas akan menjadi pola baru untuk menggerakkan seluruh pihak secara bersama-sama melawan DBD.

Sebab kata dia, kasus DBD hanya dapat ditekan dengan mengurangi perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti. Sehingga, dengan dilakukannya pemberantasan sarang nyamuk secara massif, diyakini mampu menurunkan jumlah kasus.

Baca Juga : Bey Machmudin Tunjuk Ade Afriandi Jadi Plh Kadisdik Jabar

"Jadi diharapkan gerakan bersama di seluruh Jawa Barat ini dan dijadikan budaya pemantauan jentik nyamuk, diharapkan kasus DBD sepanjang tahun ini akan terus menurun. Kita jadikan seluruh masyarakat jadi agent of change," tuturnya. (Yuliantono)


Editor : Ahmad Sayuti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.