Sehari Jelang Idul Adha 2024, Stok Pangan di Kota Bandung Terpantau Aman

Satu hari atau H-1 jelang Idul Adha 2024, stok pangan di Kota Bandung terpantau aman.

Sehari Jelang Idul Adha 2024, Stok Pangan di Kota Bandung Terpantau Aman
Satu hari atau H-1 jelang Idul Adha 2024, stok pangan di Kota Bandung terpantau aman. (Yogo Triastopo)

INILAHKORAN, Bandung-  Harga serta stok pangan di Kota Bandung dalam keadaan stabil dan surplus sehari jelang Idul Adha 2024.

Pemantauan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung di delapan pasar tradisional utama menunjukkan, stok pangan stabil sehingga pasokan strategis mampu memenuhi kebutuhan masyarakat selama libur Idul Adha 2024.

Terkait stok pangan jelang Idul Adha 2024, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar  telah melakukan pemantauan dilakukan di Pasar Kosambi, Sederhana, Kiaracondong, Gedebage, Moh. Toha, Astanaanyar, Cicadas, dan Pasar Andir. 

Baca Juga : Pasar Kreatif 2024, Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono Ajak Warga Serbu Produk Lokal

“Hasil pemantauan, menunjukkan bahwa harga sebagian besar komoditas pangan masih stabil dengan perubahan harga di bawah 15 persen dari harga eceran tertinggi (HET),” kata Gin Gin Ginanjar, Minggu 16 Juni 2024.

Ia mengakui, terdapat kenaikan harga cabai merah besar dan cabai rawit merah yang disebabkan oleh penurunan pasokan dan meningkatnya permintaan menjelang Iduladha. 

Namun harga bawang merah turun, karena meningkatnya pasokan dari masa panen petani. Sedangkan harga bawang putih yang tinggi, disebabkan kenaikan harga dari negara produsen dan rendahnya realisasi impor.

“Meskipun beberapa harga mengalami kenaikan, stok pangan di Kota Bandung terpantau lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan pasar dan masyarakat,” ucapnya.

Halaman :


Editor : Bsafaat