Bangkitkan Ekonomi, Ini Strategi Dinas KUKM Kota Bandung

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) terus menggalakan program bantuan, pelatihan, dan pengembangan bagi pelaku usaha mikro kecil, dan menengah (UMKM). Di samping itu, Dinas KUKM juga tengah menyiapkan sebuah fasilitas layanan pemasaran produk UMKM.

Bangkitkan Ekonomi, Ini Strategi Dinas KUKM Kota Bandung
istimewa

INILAH, Bandung - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) terus menggalakan program bantuan, pelatihan, dan pengembangan bagi pelaku usaha mikro kecil, dan menengah (UMKM). Di samping itu, Dinas KUKM juga tengah menyiapkan sebuah fasilitas layanan pemasaran produk UMKM.

Kepala Seksi Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro dan Fasilitasi Dinas KUMKM Kota Bandung Nuri Nuraeni mengaku baru saja menuntaskan pembuatan Sarana Layanan Pemasaran KUMKM (Salapak).

Salapak yaitu tempat untuk memfasilitasi para pelaku UMKM mempromosikan dan memasarkan produksinya. Selain itu juga sebagai sarana pengembangan digital marketing dan saran pembiayaan dan lainnya.

Baca Juga : Foto: Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil dan Menyusui dengan Metode One to Many

"Ini pengelolaannya dengan para koperasi sekaligus pelaku UMKM," kata Nuri, Kamis (26/8/2021).

Saat ini, dituturkan dia, Salapak yang berada di Jalan Ir H Djuanda belum diluncurkan secara resmi. Namun aktivitas pemasaran produk hasil pelaku UMKM Kota Bandung sudah dimulai dengan memanfaatkan pasar online.

Menurut Nuri, Salapak ini juga sekaligus mengakomodir hasil dari UMKM REcovery Center (URC) yang saat ini masih belum optimal lantaran menyesuaikan dengan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

Baca Juga : Persiapan PTM, Kota Bandung Tak Akan Gelar Simulasi

"Untuk UMKM  baru yang akan usaha, kita akan berikan coaching atau pembinaan melalui URC. Setelah produksi diterima masyarakat dan perizinan lengkap, kita akan pasarkan di Salapak," ucapnya. 

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani