Banyak Infrastruktur Jalan di Garut Mudah Rusak, Rudy Salahkan PUPR

Bupati Garut Rudy Gunawan menyalahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut atas mudah rusaknya banyak infrastruktur jalan yang dibangun di wilayah Kabupaten Garut.

Banyak Infrastruktur Jalan di Garut Mudah Rusak, Rudy Salahkan PUPR
Buoati Garut Rudy Gunawan saat melakukan pengecekan perbaikan halan di kawasan Garut Selatan.

INILAHKORAN, Garut -  Bupati Garut Rudy Gunawan menyalahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut atas mudah rusaknya banyak infrastruktur jalan yang dibangun di wilayah Kabupaten Garut.

Hal itu termasuk sejumlah pembangunan ruas jalan di selatan Garut saat ini yang dikeluhkan masyarakat.

Rudy melemparkan kesalahan kepada Dinas PUPR, terutama berkaitan kinerja konsultan perencanaannya yang tidak memasukkan unsur wiremash (baja tulangan) pada beberapa jalan dengan beban berat.

Baca Juga : Film "SISKA" Karya Prokompim Kabupaten Cirebon Siap Tayang di Bioskop XXI

"Ini adalah kesalahan perencanaan dari PUPR. Kita perbaikilah ke depan. Ini bukan kesalahan pemborong kalau memang di dalam speknya tidak ada. Ini kesalahan daripada perencana," kata Rudy.
Dengan alasan mendapatkan banyak keluhan dari masyarakat sekaligus guna memastikan kualitas pembangunan infrastruktur jalan dikeluhkan masyarakat itu, Rudy pun melakukan inspeksi langsung di wilayah selatan Garut sejak Sabtu  12 Agustus 2023.

Dikatakan, Pemkab Garut telah mengalokasikan anggaran yang substansial dari Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp170 miliar, dan Bantuan Keuangan Provinsi Jawa Barat untuk perbaikan sebanyak 17 ruas jalan di wilayah selatan Garut.

"Tentu saya ingin ada percepatan-percepatanlah ya, Ini masyarakat ingin cepat mendapatkan kualitas pelayanan publik yang baik. Jadi jalan ini sudah dibangun pada waktu zaman saya di 2015, sekarang kan sudah jelek. Mita lebarkan ini jalan yang menuju ke ibu kota Cihurip ya, dan kita masih ada tiga kilometer lagi nanti dari Cisangkal. Kita mau menuju ke Jatisari," kata Rudy.

Baca Juga : Lewat Perda Terbaru, Pemkab Cirebon Jamin Kemudahan Perizinan Berusaha

Namun begitu, Rudy menegaskan dirinya ingin memastikan pembangunan jalan di Garut itu tidak hanya cepat melainkan juga berkualitas sehingga tidak mudah rusak.

Halaman :


Editor : Ahmad Sayuti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.