Belajar Kelola Sampah Lewat Baca Sajak di TPST Baksil

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bakal meluncurkan program wisata edukasi pengelolaan sampah bertajuk belajar kelola sampah jadi kebaikan atau baca sajak di tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) Babakan Siliwangi terhitung Sabtu 16 Juni 2024

Belajar Kelola Sampah Lewat Baca Sajak di TPST Baksil

INILAHKORAN, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bakal meluncurkan program wisata edukasi pengelolaan sampah bertajuk belajar kelola sampah jadi kebaikan atau baca sajak di tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) Babakan Siliwangi terhitung Sabtu 16 Juni 2024.

Wisata edukasi baca sajak ini, akan dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama pukul 09.00 s.d 10.00 WIB dan Sesi Kedua pukul 13.00 s.d 14.00 WIB pada Sabtu dan Minggu, 16-17 Juni 2024. Para pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis.

"Para pengunjung, ditemani instruktur yang akan menjelaskan terkait inisiatif pengelolaan sampah organik melalui proses fearmentasi untuk menghasilkan produk yang berguna dan memberikan dampak positif bagi lingkungan," kata Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung Salman Faruq, Jumat 14 Juni 2024.

Baca Juga : Ribuan Mahasiswa di Kota Bandung Nonton Bareng Film Pendiri HMI Lafran Pane

Namun demikian, ia menuturkan bahwa saat berada di lokasi para pengunjung harus mentaati sejumlah aturan. Diantaranya terkait anak-anak yang harus di bawah pengawasan orang dewasa serta berhati-hati di area TPST.

"Lalu pengunjung menjaga ketertiban dan ketentraman. Membuang sampah pada tempatnya. Parkir ditempat yang telah dipersiapkan. Pengunjung juga tidak diperbolehkan merokok di area TPST dan mendekati juga menyentuh mesin di area TPST," ucapnya.

Guna mendukung TPST Babakan Siliwangi menjadi pusat edukasi pengolahan sampah menjadi energi terbarukan di Kota Bandung. DLH Kota Bandung, dikemukakan Salman telah melakukan upgrade terhadap fasilitas yang ada di sana.

Baca Juga : KPAI Minta Tim PPKSP Investigasi Dugaan Perundungan Tewaskan Siswi SMK di Bandung

Beberapa upgrade yang telah dilakukan DLH Kota Bandung di TPST Babakan Siliwangi yakni bangunan beratap, sarana pre-procesing, set mesin pencacah, dan area pengemasan dan transportasi.

Halaman :


Editor : Ahmad Sayuti