Biaya Pengobatan Korban Gempa Cianjur Ditanggung Pemprov Jabar

Kepala Dinas Kesehatan Jabar Nina Susana Dewi memastikan, sesuai arahan Gubernur Jabar Ridwan Kamil biaya pengobatan korban gempa Cianjur gratis ditanggung Pemprov Jabar.

Biaya Pengobatan Korban Gempa Cianjur Ditanggung Pemprov Jabar
Kepada seluruh pusat fasilitas kesehatan di Jabar untuk menangani seluruh korban yang dirujuk tanpa perlu khawatir akan permasalahan biayanya nanti. Sebab, Pemprov Jabar akan menanggung sepenuhnya biaya pengobatan korban gempa Cianjur, mulai dari ringan hingga berat. (dok)

INILAHKORAN, Bandung - Kepala Dinas Kesehatan Jabar Nina Susana Dewi memastikan, sesuai arahan Gubernur Jabar Ridwan Kamil biaya pengobatan korban gempa Cianjur gratis ditanggung Pemprov Jabar.

Dia pun meminta kepada seluruh pusat fasilitas kesehatan di Jabar untuk menangani seluruh korban yang dirujuk tanpa perlu khawatir akan permasalahan biayanya nanti. Sebab, Pemprov Jabar akan menanggung sepenuhnya biaya pengobatan korban gempa Cianjur, mulai dari ringan hingga berat.

“Memang untuk kejadian bencana ini tidak dapat diklaim di BPJS Kesehatan, maka Pemprov Jabar memastikan akan membantu biaya pengobatan korban gempa Cianjur sepenuhnya. Jadi tolong kepada seluruh pelayanan kesehatan, untuk memberikan layanan bagi korban. Seluruh pembiayaan untuk pasien akan diganti provinsi dan standarnya sama dengan BPJS,” ujarnya di Gedung Sate, Kamis 24 November 2022.

Baca Juga : Dini Handayani, Asah Keterampilan Agribisnis Anak Berkebutuhan Khusus di SLBN Surade

“Jadi jangan minta ke pasien. Tindaklanjuti dulu, lalu klaim ke kami dan kami akan bayar. Ini  bukan hanya untuk luka ringan, tapi luka berat juga. Semua ditanggung pemerintah dan ini gratis untuk korban,” sambungnya.

Selain itu Nina turut mendorong kepada korban luka berat dan rumah sakit, untuk melayani operasi bila dibutuhkan. Sehingga penanganan korban dapat segera tertangani dan meminimalisir terjadinya korban jiwa, akibat dampak gempa yang terjadi belum lama ini.

“Bila kesiapan di Cianjur terbatas, pasien bisa dikirimkan ke rumah sakit yang bisa melakukan operasi. Kemarin RSHS (Rumah Sakit Hasan Sadikin) sampai 80 orang yang akan dioperasi. Jadi semua ditanggung Pemprov. Ini sebagai wujud hadirnya pemerintah dalam membantu masyarakat,” pungkasnya.*** (yuliantono)

Baca Juga : Serahkan Hasil Urunan, Bapenda Jabar Siapkan Rumah dan Masjid untuk Korban Gempa Cianjur


Editor : donramdhani