DKPP Jabar Siap Bantu Setwan DPRD, Tangani Kucing Liar

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jawa Barat menyatakan siap membantu Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD Jabar, dalam menangani kucing liar.

DKPP Jabar Siap Bantu Setwan DPRD, Tangani Kucing Liar

INILAHKORAN, Bandung - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jawa Barat menyatakan siap membantu Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD Jabar, dalam menangani kucing liar.

Kucing liar yang dianggap mengganggu aktivitas di lingkungan DPRD Jabar oleh Setwan, siap ditindaklanjuti oleh DKPP dengan memberi perawatan hingga sterilisasi, guna menekan laju pertumbuhannya.

Kepala UPTD Rumah Sakit Hewan pada DKPP Jabar Yoni Darmawan Sugiri mengatakan, pihaknya siap jika ditugaskan menangani kucing-kucing tersebut. Dia pun tengah menunggu surat permohonan dari Setwan DPRD Jabar.

Baca Juga : Pentingnya Peran Pemerintah di Sektor Pertanian Organik

"In Syaa Allah tim dari Rumah Sakit Hewan Jabar jika ditugaskan akan melaksanakan penjaringan kucing liar seperti yang kami lakukan di lingkungan Gedung Sate. Kucing akan kami bawa ke RSH di Cikole Lembang, untuk dikarantina dan diisolasi untuk dilakukan observasi apakah kucing-kucing tersebut terinfeksi oleh penyakit hewan menular atau tidak, jika ada yang sakit akan kami obati sampai sembuh," ujar Yoni baru-baru ini.

Dia melanjutkan, setelah masa karantina dan isolasi selesai, kucing yang sudah dalam kondisi sehat akan divaksin untuk pencegahan penyakit, kemudian akan dilaksanakan proses sterilisasi atau kastrasi untuk jantan dan ovarihisterektomi untuk betina.

"Setelah selesai proses vaksinasi dan sterilisasi kucing akan kami pelihara kemudian akan ditawarkan kepada masyarakat untuk diadopsi," ucapnya.

Baca Juga : Ini Sebab Mundurnya Groundbreaking TPPAS Legoknangka

Dia berharap segera ada penugasan atau permintaan dari DPRD Jabar. Sehingga dapat ditangani sesegera mungkin. Ia mengatakan pada minggu ini pun pihaknya akan melaksanakan lagi kegiatan penjaringan di Gedung Sate. Sebelumnya memang, kucing-kucing di Gedung Sate sempat menjalani perawatan serupa dari RSH Jabar.

Halaman :


Editor : Ahmad Sayuti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.