Jaga Performa Jaringan Selama Pemilu 2024, Trafik Data XL Axiata Naik 11%

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) sukses menjaga performa layanan saat berlangsung Pemilu 2024. Hasil monitoring puncak kenaikan trafik layanan data terjadi pada saat pencoblosan 14 Februari 2024 yang mencapai 11% dibandingkan kondisi hari normal.

Jaga Performa Jaringan Selama Pemilu 2024, Trafik Data XL Axiata Naik 11%
Group Head Corporate Communications XL Axiata, Reza Mirza mengatakan, sepanjang pekan berlangsungnya Pemilu 2024 jaringan XL Axiata tetap terjaga dengan baik, tidak mengalami gangguan dalam trafik sama sekali. (istimewa)

INILAHKORAN, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) sukses menjaga performa layanan saat berlangsung Pemilu 2024. Hasil monitoring puncak kenaikan trafik layanan data terjadi pada saat pencoblosan 14 Februari 2024 yang mencapai 11% dibandingkan kondisi hari normal.

Group Head Corporate Communications XL Axiata, Reza Mirza mengatakan, sepanjang pekan berlangsungnya Pemilu 2024 jaringan XL Axiata tetap terjaga dengan baik, tidak mengalami gangguan dalam trafik sama sekali. 

Pihaknya menyiapkan jaringan dengan kapasitas yang mencukupi untuk mengantisipasi lonjakan trafik di moment Pemilu 2024 tersebut. Selain itu, XL Axiata memastikan kenyamanan dan kelancaran aktivitas komunikasi pelanggan dan masyarakat menjadi perhatian dan selalu prioritas.
 
Data XL Axiata menunjukkan tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan selama momentum Pemilu 2024. Kota/Kabupaten dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi selama Pemilu 2024 adalah Kabupaten Brebes di Jawa Tengah naik 21%, Kabupaten Serang di Banten 18%, dan Kabupaten Subang Jawa Barat 17%.
 
Berdasarkan provinsi, kenaikan trafik layanan data tertinggi terjadi selama Pemilu 2024 di Provinsi Jawa Tengah, sebesar 15% dan Provinsi Sumatera Utara dengan kenaikan hingga 13%, dan berikutnya Provinsi Jawa Barat sebesar 11%. 
 
Dari keseluruhan trafik layanan data selama Pemilu 2024, didominasi oleh trafik dari layanan atau aktifitas Web Browsing, disusul Streaming, dan Instant Messaging (IM). Untuk trafik layanan News Browsing mengalami peningkatan sebesar 156% dibandingkan trafik pada hari normal.
 
Khusus sejumlah platform media sosial populer, kenaikan trafik tertinggi ada pada Tiktok sebesar 20% dibandingkan hari biasa, Instagram, 16%, dan  YouTube meningkat 9%. Sementara itu penggunaan  layanan penyampai pesan, WhatsApp naik 16%.
 
Untuk layanan XL SATU Fiber juga mengalami kenaikan trafik sebesar 8% jika dibandingkan dengan hari normal.  Hal ini disebabkan karena masyarakat juga banyak yang ingin memantau hasil Pemilu di rumah. 
 
Jaringan Kuat XL Axiata Dukung F1 Powerboat di Danau Toba
 
Event Internasional F1 Powerboat 2024 kembali akan digelar di Danau Toba, Sumatera Utara, pada 2 - 3 Maret 2024. Untuk mendukung kelancaran event ini, XL Axiata memastikan jaringan 4G siap mendukung event dunia tersebut.
 
Group Head XL Axaita West Region, Desy Sari Dewi, mengatakan, "F1 Powerboat 2024 adalah event yang prestisius yang digelar di Indonesia. Karena itu XL Axiata siap memberikan dukungan maksimal dari penyediaan jaringan internet dan telekomunikasi berkualitas tinggi."
 
Menurut Desy, event ini kemungkinan akan menaikkan trafik penggunaan berbagai layanan data di kawasan Danau Toba, mengingat penyelenggaraan setiap event juga ditargetkan untuk meningkatkan kunjungan wisata. Selain itu, peningkatan aktivitas kemungkinan juga akan terjadi bahkan mulai dari Medan dan di sepanjang jalur transportasi menuju Danau Toba.”

Baca Juga : Operator Telekomunikasi di Indonesia Hadirkan Inisiatif API GSMA Open Gateway untuk Keamanan dan Pengalaman Pelanggan 

Di kawasan seputaran Danau Toba, termasuk Pulau Samosir, jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau lebih dari 1.150 desa dan 103 kecamatan, yang berada di Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasunduta, Kabupaten Dairi, Kabupaten Karo dan Kabupaten Samosir. Total ada lebih dari sekitar  460 BTS 4G yang melayani pelanggan di semua area tersebut.
 
Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebesar 57,5 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 160 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas. 

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.***

Baca Juga : Genjot Revenue Perusahaan, Pegadaian Bidik Segmen Menengah Atas yang Baru Berkontribusi 15-30 Persen


Editor : Doni Ramdhani