Modal Kuat Jawa Barat

Percepatan pemulihan menjadi salah satu tantangan yang harus dilakukan Jawa Barat. Namun dengan berbagai capaian, maka Jawa Barat jelas telah memiliki modal penting untuk bangkit dan berlari cepat

Modal Kuat Jawa Barat

PANDEMI Covid-19 mungkin tak lagi seganas di awal kemunculannya. Kendatipun tak dipungkiri angka kasus belum lah benar-benar hilang. 

Turun naik angka kasus masih menjadi sebuah tantangan bagaimana Covid-19 benar-benar mampu dikendalikan. Terlebih fenomena itu hampir merata terjadi di beberapa daerah di Indonesia mulai dari DKI, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur termasuk juga Jawa Barat

Merujuk data Pusat Informasi Covid Indonesia, DKI dan Jawa Barat kerap menjadi daerah yang terbilang sering memberikan kontribusi terhadap kenaikan angka kasus Covid-19. Sebagai contoh, data harian pada 26 Agustus 2022. Angka kasus Covid-19 secara nasional terkonfirmasi positif mencapai 4.549 kasus. Data Satgas Covid-19 mencatat penambahan itu diikuti Provinsi Jawa Barat (953 orang), Banten (493 kasus), Jawa Timur (411 kasus), dan Jawa Tengah (154 kasus).

Sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak, yakni sebanyak 48.220.094 jiwa (2021), Jawa Barat memang memiliki beban berat dalam pengendalian kasus Covid-19 , termasuk juga berbagai dampak yang ditimbulkannya.

Beruntung, sejauh ini Jawa Barat terbilang sukses mengendalikan angka kasus. Bahkan dalam banyak hal Jawa Barat merupakan daerah dengan penanganan Covid-19 terbaik di Indonesia. Itu tentu menjadi modal penting bagi Jawa Barat untuk memulihkan kondisi yang terdampak badai pandemi Covid-19.

Penyematan sebagai daerah dengan penanganan Covid-19 terbaik, memang bukan isapan jempol belaka. Hal itu setidaknya dibuktikan dengan akselerasi pemulihan ekonomi Pemprov Jawa Barat. Lagi-lagi dalam hal ini, Jawa Barat juga patut mendapat apresiasi. Pasalnya berbagai langkah dan strategi yang dilakukan Pemprov Jabar jelas telah banyak membuahkan hasil. 

Indikatornya jelas, sebut saja pertumbuhan ekonomi Jawa Barat dengan laju pertumbuhan ekonomi sebesar 3,74 poin meningkat 0,5 poin dari tahun 2021. Perekonomian Jawa Barat pada tri wulan pertama 2022 tumbuh mencapai 5,8 persen bahkan melebihi nasional yang berada di kisaran 5,44(yoy).

Halaman :


Editor : Ghiok Riswoto

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.