'Penyakit' Menahun, Pemkab Bogor Lambat Lelang Pengadaan Barang Jasa

Dedi Aroza menganggap Pemkab Bogor tidak belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, di mana akibat lambatnya lelang pengadaan berimbas pekerjaan konstruksi yang molor ke tahun selanjutnya

'Penyakit' Menahun, Pemkab Bogor Lambat Lelang Pengadaan Barang Jasa
Ilustrasi pekerjaan konstruksi yang molor ke tahun selanjutnya akibat lambatnya kegiatan lelang abrang dan jasa. Foto Reza Zurifwan/Inilahkoran

INILAHKORAN, Bogor-Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bogor Dedi Aroza menyayangkan lambatnya lelang pengadaan barang jasa di Bumi Tegar Beriman.

Dedi Aroza menganggap Pemkab Bogor tidak belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, di mana akibat lambatnya lelang pengadaan berimbas pekerjaan konstruksi yang molor ke tahun selanjutnya, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tidak bisa langsung diserap.

Ia menambahkan, bahwa pihak eksektif harusnya mempertimbangkan waktu sanggah, hingga tidak mepet waktu dalam melakukan lelang pengadaan barang jasa

Baca Juga : Kompak Usulkan Peningkatan Ruas Jalan Citeureup-Sukamakmur, Ini Alasan Tokoh Bogor

"Harusnya lelang pengadaan barang jasa dilakukan sejak Bulan Desember, hingga tersedia waktu dan tak ada pekerjaan konstruksi yang molor ke tahun selanjutnya," kata Dedi Aroza kepada wartawan, Kamis, 4 Mei 2023.

Politisi PKS yang digadang-gadang sebagai Calon Bupati (Cabup) Bogor di pemilu Tahun 2024 mendatang itu menuturkan, bahwa pekerjaan konstruksi seperti jembatan, gedung dan lainnya, baik dilakukan di musim kemarau.

"Mumpung kalau di awal tahun seperti saat ini musim kemarau, pekerjaan konstruksi mulai dibangun. Kalau mulai bangun pondasi di musim kemarau, atau Bulan September, maka akan lebih merepotkan penyedia jasa, apalagi ia memburu waktu karena waktu lelangnya agak terlambat,"  tuturnya.

Baca Juga : Buang Sampah di ATM Sampah, Masyarakat Bisa Dapatkan Uang Tunai

Sementara itu, Kepala Bagian Pengadaan Barang Jasa Kabupaten Bogor Adriawan menerangkan bahwa saat ini jajarannya sedang memulai pengadaan jasa konsultan baik itu perencana maupun pengawas.

Halaman :


Editor : Ahmad Sayuti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.