Sepanjang 2022, Digitalisasi Topang Bank Mandiri

Proses digitalisasi yang gencar dilakukan Bank Mandiri membuahkan hasil positif. Layanan digital menyokong pertumbuhan kinerja sepanjang 2022.

Sepanjang 2022, Digitalisasi Topang Bank Mandiri
Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, pertumbuhan kinerja yang solid sepanjang 2022 itu diperoleh melalui strategi bisnis yang konsisten kepada segmen potensial dan proses optimalisasi digitalisasi perseroan. Hasilnya, tingkat efisiensi perseroan pun meningkat dan mendorong pertumbuhan volume bisnis pada semua segmen serta rasio dana murah (current account and saving account/CASA). (istimewa)

INILAHKORAN, Bandung - Proses digitalisasi yang gencar dilakukan Bank Mandiri membuahkan hasil positif. Layanan digital menyokong pertumbuhan kinerja sepanjang 2022.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, pertumbuhan kinerja yang solid sepanjang 2022 itu diperoleh melalui strategi bisnis yang konsisten kepada segmen potensial dan proses optimalisasi digitalisasi perseroan. Hasilnya, tingkat efisiensi perseroan pun meningkat dan mendorong pertumbuhan volume bisnis pada semua segmen serta rasio dana murah (current account and saving account/CASA).

Hasil itu tercermin dari transaksi digital Bank Mandiri melalui Livin’ dan Kopra by Mandiri yang tumbuh signifikan pada 2022. Tercatat saat ini Livin’ by Mandiri diunduh lebih dari 22 juta kali dalam kurun waktu 15 bulan terakhir. Pertumbuhan pengguna Kopra by Mandiri, yang kini juga telah hadir dalam versi mobile app, juga meningkat hampir empat kali lipat dalam satu tahun terakhir menjadi 83 ribu pengguna.

Baca Juga : LPEI dan Bank bjb Buktikan Komitmen Dorong Ekspor Nasional melalui Skema  Penjaminan Kredit Ekspor

Melalui serangkaian inovasi dan digitalisasi yang dilakukan dalam setahun terakhir, Livin’ by Mandiri telah mampu melayani lebih dari 1,64 miliar transaksi finansial. Adapun, nilai transaksi Livin’ by Mandiri selama 2022 menembus Rp2.435 triliun atau tumbuh 48,4% (yoy).

Pada periode yang sama, wholesale digital super platform Kopra by Mandiri berhasil mengelola Rp18.567 triliun transaksi hingga akhir tahun atau tumbuh 22% (yoy). Platform digital super lengkap yang dinikmati beragam nasabah mulai dari pengusaha dari segmen korporasi, menengah hingga kecil atau UKM pun telah mampu melayani berbagai kebutuhan transaksi di manapun dan kapan pun. 

“Kehadiran Livin’ dan Kopra by Mandiri juga turut menyumbang pertumbuhan DPK (dana pihak ketiga) khususnya dana murah yang signifikan. Ini membuktikan, transformasi digital yang dilakukan Bank Mandiri telah berhasil berkontribusi signifikan terhadap kinerja keuangan dengan tren yang terus membaik,” ujar Darmawan di Jakarta, Selasa 31 Januari 2023. 

Baca Juga : Apresiasi Sobat IndiHome, Telkom Jabar Gelar Reward Digital Channel 

Secara rinci, dia menjelaskan total DPK Bank Mandiri tumbuh positif 15,46% (yoy) dari Rp1.291,2 triliun di akhir 2021 menjadi Rp1.490,8 triliun di akhir 2022
Kinerja positif itu diitopang peningkatan dana giro serta tabungan yang naik masing-masing 31,2% dan 13,5% (yoy). Ekspansi digital tersebut pun berbuah manis terhadap rasio CASA Bank Mandiri secara bank only di akhir 2022 yang kini mencapai 77,64%, naik 365 bps (yoy) melampaui rata-rata industri perbankan. 

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani