Survei ARCI: Elektabilitas PKB dan Gerindra Berpotensi Salip PDIP di Jatim

Lembaga survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis survei elektabilitas partai politik di Jawa Timur untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan hasil Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Gerindra bersaing ketat sekaligus berpotensi menyalip PDI Perjuangan.

Survei ARCI: Elektabilitas PKB dan Gerindra Berpotensi Salip PDIP di Jatim
Hasil elektabilitas partai politik di Jawa Timur berdasarkan hasil survei lembaga ARCI. (ANTARA/HO-ARCI)

INILAHKORAN, Bandung-Lembaga survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis survei elektabilitas partai politik di Jawa Timur untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan hasil Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Gerindra bersaing ketat sekaligus berpotensi menyalip PDI Perjuangan.

Pada survei terbaru itu, eletabilitas PKB menempati posisi kedua dengan 15,2 persen dan Gerindra di urutan ketiga dengan 15,1 persen. Sedangkan PDI Perjuangan menjadi pemuncak dengan persentase 17,8 persen.

"Jadi PKB, Gerindra punya peluang menyalip PDI Perjuangan. Elektabilitas PDI Perjuangan selisihnya di bawah margin of error," ujarnya Direktur ARCI Baihaki Sirajt melalui keterangan resmi diterima di Surabaya, Kamis.

Baca Juga : Keterangan Istri Jadi Kunci dalam Kasus Penemuan Jasad Ayah-Anak di Koja

Potret elektabilitas, kata Baihaki dipengaruhi arah angin dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang disebutnya cenderung mengarah ke bakal calon pasangan di luar PDI Perjuangan.

"Elektabilitas PDI Perjuangan cenderung menurun pascahubungan panas dengan Jokowi, karena harus dimengerti Jatim itu basis Jokowi selama dua kali pemilihan presiden (Pilpres) dan sekarang sinyal Jokowi ke bakal pasangan calon yang bukan diusung PDI Perjuangan," ucapnya.

Meski PKB dan Gerindra berpotensi menyalip PDI Perjuangan namun posisi kedua partai juga belum aman, sebab masih ada Golkar di urutan keempat dengan elektabilitas 14,1 persen berpotensi masuk tiga besar.

Baca Juga : Panji Gumilang Ditetapkan Tersangka Pencucian Uang Yayasan

Kondisi Golkar tak lepas dari langkah partai pimpinan Airlangga Hartarto itu mendeklarasikan Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden, sehingga memberikan dampak limpahan elektoral.

Halaman :


Editor : JakaPermana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.