Wapres Minta Akselerasi Pengembangan Teknologi dan Inovasi Mitigasi Bencana di Rakornas BNPB 2024

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Ma'ruf Amin meminta, akselerasi pengembangan teknologi dan inovasi mitigasi serta penanggulangan bencana segera dilakukan, 

Wapres Minta Akselerasi Pengembangan Teknologi dan Inovasi Mitigasi Bencana di Rakornas BNPB 2024

INILAHKORAN, Bandung - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Ma'ruf Amin meminta, akselerasi pengembangan teknologi dan inovasi mitigasi serta penanggulangan bencana segera dilakukan, 

Hal itu diungkapkan Ma'ruf Amin dalam rapat koordinasi nasional (Rakornas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) 2024, yang dilaksanakan di Kota Bandung, Rabu 24 April 2024.

Wapres Ma'ruf Amin mengatakan, tidak dapat dipungkiri Indonesia memiliki kondisi geografis dan geologi yang rawan bencana. Sepanjang 2023, telah terjadi 5.400 bencana yang didominasi bencana hidrometeorologi.

Baca Juga : Kawasan Wisata Plangon Akan dibangun Kebun Binatang

Selain itu, masih banyak kabupaten/kota yang diakuinya masih memiliki indeks risiko bencana tingkat tinggi. Sehingga dituntut upaya penanganan bencana yang cermat dan inovatif.

"Rencana tanggap darurat harus mampu mengurangi dampak bencana di kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Disinilah pusat maupun daerah dituntut untuk berkomitmen dan meningkatkan kapasitasnya, guna melindungi masyarakat dari risiko bencana," ujar Wapres Ma'ruf Amin dalam sambutannya.

Dia pun mendorong, penurunan risiko bencana harus menjadi salah satu indikator kinerja kepala daerah. Mitigasi bencana juga diakuinya bakal memengaruhi ketersediaan pangan, pendidikan dan kesehatan masyarakat, serta berkelanjutan pada lingkungan hidup.

Baca Juga : Mantan Pejabat dan ASN Aktif Berebut Rekom DPP PDIP

"Yang akan bermuara pada peningkatan perekonomian total dan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Halaman :


Editor : Ahmad Sayuti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.