Cuaca di Arab Saudi Capai 50 Derajat, 81 Calon Jamaah Calon Haji Lansia Asal KBB Terancam Terdampak Suhu Panas

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung Barat (KBB) harus memastikan kesiapan dan persiapan fisik jamaah calon haji sebelum dan saat berada di Tanah Suci. Apalagi, di KBB ada 81 jamaah calon haji yang masuk kategori berusia lanjut (lansia). 

Cuaca di Arab Saudi Capai 50 Derajat, 81 Calon Jamaah Calon Haji Lansia Asal KBB Terancam Terdampak Suhu Panas
Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag KBB Fuad Lutfi mengatakan, cuaca di Arab Saudi pada musim haji tahun ini diprediksi bakal menjadi ancaman untuk untuk para jamaah calon haji asal Indonesia, khususnya lansia. (ilustrasi)

INILAHKORAN, Ngamprah - Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag memprediksi suhu di Arab Saudi saat musim haji 2023  berada di kisaran 47-50 derajat celcius. 

Menanggapi hal itu, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung Barat (KBB) harus memastikan kesiapan dan persiapan fisik jamaah calon haji sebelum dan saat berada di Tanah Suci. Apalagi, di KBB ada 81 jamaah calon haji yang masuk kategori berusia lanjut (lansia). 

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag KBB Fuad Lutfi mengatakan, cuaca di Arab Saudi pada musim haji tahun ini diprediksi bakal menjadi ancaman untuk untuk para jamaah calon haji asal Indonesia, khususnya lansia.

Baca Juga : Masuki Tahun Politik, Ini Imbauan Kepala BNPT

"Diprediksi saat musim haji, suhu di Arab Saudi bisa mencapai kisaran 47 sampai 50 derajat celcius. Oleh sebab itu kesiapan dan persiapan fisik jamaah calon haji menjadi sangat penting," tutur Fuad, Rabu 24 Mei 2023.

Saat ini, terang Fuad, pihaknya masih melakukan rekap data terkait jamaah calon haji yang akan berangkat dan jemaah cadangan yang menggantikan jemaah yang tidak bisa berangkat. 

"Penyebab batalnya keberangkatan jamaah calon haji itu disebabkan beberapa faktor, salah satunya faktor ekonomi," terangnya.

Baca Juga : Duh, Kepala BNPT Sebut Intoleransi Remaja Kota Bandung Meningkat

Faktor lainnya, kata Fuad, karena ada yang ingin berangkat bersama dengan keluarganya sehingga menunggu kuota pemberangkatan di tahun 2024 nanti. 

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.