Didominasi Lansia, Usaha Peternakan di KBB Butuh Regenerasi

Sektor usaha peternak di KBB diakui Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) setempat didominasi para lansia. Mereka yang berumur di atas 50 tahun itu membutuhkan regenerasi.

Didominasi Lansia, Usaha Peternakan di KBB Butuh Regenerasi
Kepala Dispernakan KBB Undang Husni Thamrin mengaku, saat ini usaha peternakan di KBB membutuhkan regenerasi peternak lansia yang seharusnya didominasi generasi muda. (agus satia negara)

INILAHKORAN, Ngamprah - Sektor usaha peternak di KBB diakui Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) setempat didominasi para lansia. Mereka yang berumur di atas 50 tahun itu membutuhkan regenerasi.

Kepala Dispernakan KBB Undang Husni Thamrin mengaku, saat ini usaha peternakan di KBB membutuhkan regenerasi peternak lansia yang seharusnya didominasi generasi muda.

“Rata-rata di usaha peternakan di KBB saat ini para peternak itu usianya di atas 40-50 tahun. Ini menjadi perhatian kita,” katanya kepada wartawan, Jumat 16 September 2022.

Baca Juga : 13 Tahun Hilang Kontak di Timur Tengah, TKW KBB Ditemukan Lewat TikTok

Ia menilai, agar bisa terjadinya regenerasi tersebut, pihaknya bakal terus mendorong generasi muda untuk menggeluti profesi sebagai peternak, salah satunya dengan memberikan pelatihan.

“Profesi sebagai peternak menjanjikan mulai dari sisi ekonomi dan nantinya itu pun dapat membuka lapangan pekerjaan. Kita ingin mendorong sesuai dengan tugas kita salah satunya adalah ketersediaan pangan (hewan) yang halal dan sehat," ujarnya.

Melalui program peternak zilenial, sambung dia, diharapkan mampu melahirkan peternak muda yang handal dan juga profesional.

Baca Juga : Terpidana E-KTP Irman Zahir Bebas

Selain itu, jelas dia, dengan adanya regenerasi jumlah peternak diharapkan bakal bertambah. Termasuk, mampu memenuhi kebutuhan produk segar dan produk olahan ternak dalam negeri yang diperkirakan semakin meningkat.

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.