Jelang Iduladha, Sejumlah Komoditas di Kota Bandung Alami Kenaikan

Jelang Hari Raya Iduladha 2024, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) telah memantau stok dan harga pangan di delapan pasar tradisional utama.

Jelang Iduladha, Sejumlah Komoditas di Kota Bandung Alami Kenaikan

INILAHKORAN, Bandung - Jelang Hari Raya Iduladha 2024, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) telah memantau stok dan harga pangan di delapan pasar tradisional utama.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar menyampaikan, harga beberapa komoditas pangan strategis di Kota Bandung mengalami fluktuasi. 

“Harga cabai merah besar dan cabai rawit merah mengalami kenaikan signifikan akibat penurunan pasokan dan meningkatnya permintaan menjelang Iduladha. Bawang merah mengalami penurunan harga karena pasokan yang meningkat seiring masa panen petani. Sebaliknya, harga bawang putih naik akibat rendahnya realisasi impor dan kenaikan harga dari negara produsen,” kata Gin Gin Ginanjar, Rabu, 13 Juni 2024.

Baca Juga : 20 Ribu Gram Sabu Dimusnahkan Polda Jabar

Ia mengungkapkan, permintaan daging ayam ras juga meningkat menjelang Iduladha yang menyebabkan kenaikan harga. Sedangkan gula pasir tetap tinggi karena harga internasional yang naik dan proses impor yang masih berlangsung. 

"Namun, harga daging sapi segar dan minyak goreng curah terpantau stabil berkat pasokan yang lancar,” ucapnya.

Secara umum kata Gin Gin, harga pangan strategis diperkirakan akan mengalami kenaikan antara 3-10 persen menjelang Iduladha, seiring meningkatnya permintaan pasar. 

Baca Juga : Pj Wali Kota Cimahi Soroti Kenaikan Harga Daging di Sejumlah Pasar Tradisional

“Pasokan ke Kota Bandung dipastikan lancar, dan ketersediaan pangan tetap surplus,” ujar dia.

Halaman :


Editor : Ahmad Sayuti