Makan dan Minum dengan Tangan Kiri dan Kanan

TERDAPAT beberapa hadis yang menunjukkan perintah makan atau minum dengan tangan kanan dan larangan menggunakan tangan kiri. Diantaranya,

Makan dan Minum dengan Tangan Kiri dan Kanan
Ilustrasi/Net

TERDAPAT beberapa hadis yang menunjukkan perintah makan atau minum dengan tangan kanan dan larangan menggunakan tangan kiri. Diantaranya,

[1] Hadis dari Ibnu Umar radhiyallahu anhuma, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Jika kalian makan, maka hendaknya makan dengan tangan kanannya, dan jika minum maka hendaknya minum dengan tangan kanannya, karena setan makan dengan tangan kiri dan minum dengan tangan kiri. (HR. Muslim 2020).

Dalam hadis ini ada perintah makan minum dengan tangan kanan, dan celaan makan minum dengan tangan kiri, karena disebut tradisi setan.

Baca Juga : Dua Cara Selamat Dunia dan Akhirat

[2] Hadis dari Jabir radhiyallahu anhuma, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Janganlah makan dengan tangan kiri, karena setan makan dengan tangan kiri." (HR. Muslim 2019)

Ibnu Abdil Bar mengatakan, "Siapa yang makan dan minum dengan tangan kiri, sementara dia tahu larangannya, dan tidak ada udzur baginya atau sakit yang menghalanginya, berarti dia telah durhaka kepada Allah dan Rasul-Nya." (al-Istidzkar, 8/341).

Bagaimana Jika Menggunakan 2 Tangan? Makan atau minum dengan dua tangan, tidak bisa disebut makan dengan tangan kanan saja sehingga sesuai perintah hadis, dan tidak juga makan dengan tangan kiri saja sehingga menyalahi hadis.

Baca Juga : Berdakwahlah dengan Ilmu agar Datangkan Kebaikan

Dan yang mendekati, jika dibutuhkan untuk menggunakan 2 tangan, hukumnya boleh. Bahkan terdapat beberapa hadis, yang mengandung indikasi bolehnya minum dengan menggunakan 2 tangan, meskipun tidak tegas. Kami sebut mengandung indikasi, karena dalam hadis itu disebutkan bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam minum dengan memegang wadah besar (bejana) atau timba dari kulit. Sehingga sangat sulit jika hanya menggunakan satu tangan kanan. Hadis yang kami maksud,

Halaman :


Editor : Bsafaat