Pentingnya Peran Pemerintah di Sektor Pertanian Organik

Ketua Pansus V DPRD Provinsi Jawa Barat Asep Suherman menilai, begitu pentingnya peran pemerintah di sektor pertanian organik, supaya mampu berkembang lebih massif.

Pentingnya Peran Pemerintah di Sektor Pertanian Organik

INILAHKORAN, Bandung - Ketua Pansus V DPRD Provinsi Jawa Barat Asep Suherman menilai, begitu pentingnya peran pemerintah di sektor pertanian organik, supaya mampu berkembang lebih massif.

Dinamika yang dialami petani organik kata Asep, diharapkan dapat diurai melalui rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang Penyelenggaraan Pertanian Organik yang tengah digeber.

Salah satunya menyiasati kontribusi pemerintah dalam membantu memasarkan produk hasil pertanian organik, yang diakui Asep masih bslum maksimal.

Baca Juga : Ingin Pantau Sungai Citarum di Darat dan Udara, Pemprov Jabar Pasang CCTV

"Sehingga ada sedikit intervensi positif dengan adanya keterlibatan pemerintah daerah, untuk memasarkan hasil pertaniannya," kata Asep kala mengunjungi kawasan pertanian organik di Dusun Cilumping Desa Cikurubuk, Kabupaten Sumedang baru-baru ini.

Salah satunya membeli hasil pertanian organik dari petani dan dipasarkan ke lingkungan pemerintah, atau memaksimalkan BUMD semisal Agro Jabar dalam menyerap produk dan memasarkannya.

Sehingga ada langkah yang berkesinambungan kata Asep dan kejelasan dari pemerintah terhadap para petani organik.

Baca Juga : Ini Sebab Mundurnya Groundbreaking TPPAS Legoknangka

Melalui kewenangan dan kebijakan pemerintah itu diharapkan dengan dibentuknya perda tentang penyelenggaraan pertanian organik yang saat ini dalam proses penyusunan bisa lebih mantap dengan perda-perda yang ada di provinsi lain. 

Halaman :


Editor : Ahmad Sayuti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.