Sambut Hari Bumi, TikTok Anugerahi Aksi Bebersih Pandawara Group Asal Bandung

Menyambut Hari Bumi, TikTok menyorot kisah Pandawara Group sebagai lima pemuda inspiratif asal Bandung atas upaya mereka meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

Sambut Hari Bumi, TikTok Anugerahi Aksi Bebersih Pandawara Group Asal Bandung
Melalui akun @pandawaragroup di TikTok, kelima pemuda ini secara konsisten membagikan cara mereka melestarikan lingkungan di berbagai wilayah di belahan Indonesia. Sejak pertama kali melakukan aksi pembersihan sungai di tahun 2021, Pandawara Group telah membersihkan lebih dari 221 lokasi di seluruh Indonesia, dengan total sampah mencapai 1.200 ton. (istimewa)

INILAHKORAN, Bandung - Menyambut Hari Bumi, TikTok menyorot kisah Pandawara Group sebagai lima pemuda inspiratif asal Bandung atas upaya mereka meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

Pandawara Group sebagai kelompok pemuda pemerhati lingkungan yang beranggotakan Ikhsan Destian, Gilang Rahma, Muhammad Rifqi, Rafly Pasya, dan Agung Permana itu memiliki misi untuk berbagi meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan isu-isu lingkungan. 

Melalui akun @pandawaragroup di TikTok, kelima pemuda ini secara konsisten membagikan cara mereka melestarikan lingkungan di berbagai wilayah di belahan Indonesia. Sejak pertama kali melakukan aksi pembersihan sungai di tahun 2021, Pandawara Group telah membersihkan lebih dari 221 lokasi di seluruh Indonesia, dengan total sampah mencapai 1.200 ton.

Baca Juga : Solusi Digital Kesehatan Satunadi-RS Efisiensikan Pengelolaan Rumah Sakit

Berkat konsistensi dan dampak positif yang mereka hadirkan di komunitas TikTok dan masyarakat Indonesia, Pandawara Group berhasil membawa pulang tiga penghargaan utama yakni "Rising Star of the Year", "Creator of the Year", dan "Changemakers of the Year" pada malam penganugerahan TikTok Awards Indonesia 2023.

Pada Jumat 19 April 2024, TikTok pun berbincang-bincang secara virtual dengan salah satu anggota Pandawara Group, Rafly Pasya, terkait bagaimana mereka berhasil menggunakan platfrom TikTok dalam meningkatkan kesadaran tentang isu lingkungan. 

Rafly bercerita bagaimana kisah Pandawara Group dari awal hingga saat ini mengumpulkan lebih dari 8,4 juta followers di TikTok

Baca Juga : Gunakan Mobil Listrik, Dirut PLN Jajal SPKLU di Rest Area 628B Saradan, Pastikan Seluruh Sistem Layanan SPKLU Andal

"Di awal perjalanan Pandawara Group, kami memilih TikTok untuk membagikan konten karena kami melihat bahwa TikTok merupakan platform yang dapat membantu kami sebagai kreator dalam menyampaikan misi kami terkait isu lingkungan kepada audiens yang relevan tanpa perlu memilki followers yang banyak. Kami sangat senang dapat dikenal karena aksi kita melalui TikTok. Tidak menyangka bahwa melalui aksi ini, kami dapat berhasil menginspirasi banyak pihak di luar sana," ujar Rafly.

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani