Sambut Idul Adha, Pj Wali Kota Kunjungi Bursa Hewan Qurban dan RPH Bubulak

Pejabat (Pj) Wali Kota Bogor Hery Antasari mengunjungi pusat penjualan hewan qurban di lapangan kantor Badan Standarisasi Pertanian (BSP), Kementerian Pertanian di Jalan Pajajaran, Kecamatan Bogor Tengah dan rumah potong hewan (RPH) Terpadu di Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat pada Rabu 12 Juni 2024.

Sambut Idul Adha, Pj Wali Kota Kunjungi Bursa Hewan Qurban dan RPH Bubulak
Pejabat (Pj) Wali Kota Bogor Hery Antasari mengunjungi pusat penjualan hewan qurban di lapangan kantor Badan Standarisasi Pertanian (BSP), Kementerian Pertanian di Jalan Pajajaran, Kecamatan Bogor Tengah dan rumah potong hewan (RPH) Terpadu di Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat pada Rabu 12 Juni 2024./Rizki Mauludi

INILAHKORAN, Bogor - Pejabat (Pj) Wali Kota Bogor Hery Antasari mengunjungi pusat penjualan hewan qurban di lapangan kantor Badan Standarisasi Pertanian (BSP), Kementerian Pertanian di Jalan Pajajaran, Kecamatan Bogor Tengah dan rumah potong hewan (RPH) Terpadu di Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat pada Rabu 12 Juni 2024.

Kunjungan ini dilakukan untuk memastikan kelancaran dan kesiapan fasilitas tersebut dalam menyambut Idul Adha.

Diketahui, pusat penjualan hewan Qurban tersebut dikelola oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bekerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan). 

Baca Juga : Polisi RingkusTiga Pelaku Curanmor, Dua Terpaksa Ditembak Lantaran Berusaha Kabur

Pj Wali Kota Bogor Hery Antasari menyatakan, pentingnya memperbanyak pusat penjualan hewan kurban seperti ini di Kota Bogor. Kedepan kelihatannya harus diperbanyak, karena baru ada 11 pedagang besar. Mudah-mudahan ke depan yang ada di pinggir jalan bisa masuk ke dalam karena retribusinya juga tidak mahal, hanya untuk kebersihan dan lainnya.

"Dengan adanya penjualan hewan yang terpusat di tempat ini, keamanan daging dan kesehatan hewan dapat lebih terkontrol. Semua keamanan dagingnya terkontrol, kesehatan hewan juga terjaga, ada tanda sertifikasi bahwa hewan yang dijual sudah melalui pengecekan dan dinyatakan sehat. Apalagi sertifikasinya gratis, hanya ada retribusinya saja," ungkap Hery didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asperbang) Kota Bogor Hanafi dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor Chusnul Rozaqi.

Hery memaparkan, pihaknya akan melakukan sosialisasi agar pedagang hewan qurban dapat berjualan di pusat penjualan hewan qurban. Dengan sosialisasi yang tepat, diharapkan para pedagang yang masih berjualan di pinggir jalan dapat bergabung dalam pusat penjualan hewan kurban yang lebih teratur dan higienis. Selain disini, penjualan hewan qurban juga ada di Rumah Potong Hewan (RPH) Bubulak.

Baca Juga : Amankan 5 Orang Pelaku Tawuran, Satreskrim Polresta Bogor Kota Buru Admin Medsos Kelompok yang Kerap Tawuran

"Selain itu, untuk RPH yang kami lihat kalau dari sisi fasilitas dan kelengkapannya masih berjalan dengan baik, kemudian kebersihan masih terjaga. Jika bicara secara keseluruhan ada beberapa sarana prasarana di RPH Terpadu yang perlu ditingkatkan. Hal tersebut berdasarkan hasil evaluasi dari Kementerian Pertanian. Ya, secara sarana prasarana keseluruhan harus ditingkatkan, terutama catatan mengenai higenis dan sebagainya harus dijaga," paparnya.

Halaman :


Editor : JakaPermana