Sekda Kota Bandung Ema Sumarna Ingatkan Kualitas Pelayanan Publik Harus Bisa Dipertanggungjawabkan

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna mengingatkan, jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) untuk terus meningkatkan kualitas mutu pelayanan dasar kepada masyarakat.

Sekda Kota Bandung Ema Sumarna Ingatkan Kualitas Pelayanan Publik Harus Bisa Dipertanggungjawabkan
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna mengingatkan, jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) untuk terus meningkatkan kualitas mutu pelayanan dasar kepada masyarakat.

INILAHKORAN, Bandung - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna mengingatkan, jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) untuk terus meningkatkan kualitas mutu pelayanan dasar kepada masyarakat.

Menurut Ema Sumarna, kualitas mutu pelayanan untuk masyarakat harus bisa dipertanggungjawabkan. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 Tahun 2021 bisa menjadi pedoman, khususnya untuk meningkatkan standar pelayanan minimal dan implementasi aplikasi sistem penerapan standar minimal di Pemkot Bandung.

“Dengan Permendagri ini, kita jadi lebih terarah. Tinggal nanti kita selaraskan dengan RPJMD Kota Bandung. Di RPJMD sudah jelas target kita. Tinggal kita hubungkan saja, semuanya saling beririsan,” kata Ema Sumarna di Savoy Homann Hotel, Rabu 24 Agustus 2022.

Baca Juga : Diskominfo Ajak Warga Kota Bandung Tunjukan Kemampuan Lewat Lomba Inovasi SCBD, Pememang bisa Dapat Uang Jutaan.

Ema Sumarna juga menyampaikan, pelayanan dasar di Pemkot Bandung mengutamakan enam aspek yakni pendidikan, kesehatan, infrastruktur, perumahan, ketertiban umum, dan sosial. Ema berharap standar pelayanan minimal ini, ke depannya bisa diterapkan pada non layanan dasar.

“Ke depannya standar pelayanan minimal ini, bukan hanya urusan wajib pelayanan dasar. Tapi non layanan dasar. Sebab semua layanan di Kota Bandung harus punya nilai makna akuntabilitas yang bisa dipertanggungjawabkan,” ucapnya. 

Ema pun turut mengingatkan kepada jajaran OPD untuk senantiasa meningkatkan kesadaran dan kebersamaan dalam mengakselerasi layanan bagi masyarakat Kota Bandung. Ema meminta bahwa proses akselerasi layanan masyarakat bisa terus terintegrasi satu sama lain.

Baca Juga : Polisi Ringkus Puluhan Tersangka Judi Online dan Konvensional di Jawa Barat

“Kurangi ego, sehingga kualitas mutu layanan masyarakat bisa maksimal,” ujar dia. *** (Yogo Triastopo) 


Editor : Ghiok Riswoto