Survei Membuktikan... 91,7% Mitra Pengemudi Grab Betah dan Setia 

Grab Indonesia bekerja sama dengan lembaga riset Indikator menemukan korelasi yang positif dan signifikan antara program solidaritas dan kesejahteraan yang dilakukan sepanjang kuartal IV 2022 terhadap loyalitas dari mitra pengemudi. 

Survei Membuktikan... 91,7% Mitra Pengemudi Grab Betah dan Setia 
“Hasil temuan menunjukkan mitra pengemudi memiliki loyalitas lebih tinggi berkat terlaksananya sembilan program utama. Bahkan, 91,7% menyebut kecil kemungkinan mereka untuk pindah ke platform ojol lain dan 83,4% mengaku mendapatkan perhatian yang besar dari perusahaan,” kata Neneng, akhir pekan lalu. (istimewa)

INILAHKORAN, Bandung - Grab Indonesia bekerja sama dengan lembaga riset Indikator menemukan korelasi yang positif dan signifikan antara program solidaritas dan kesejahteraan yang dilakukan sepanjang kuartal IV 2022 terhadap loyalitas dari mitra pengemudi

Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan survei tersebut melibatkan 1.000 mitra pengemudi GrabBike di tujuh wilayah yaitu Bandung, Palembang, Jabodetabek, Medan, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar.

“Hasil temuan menunjukkan mitra pengemudi memiliki loyalitas lebih tinggi berkat terlaksananya sembilan program utama. Bahkan, 91,7% menyebut kecil kemungkinan mereka untuk pindah ke platform ojol lain dan 83,4% mengaku mendapatkan perhatian yang besar dari perusahaan,” kata Neneng, akhir pekan lalu.

Baca Juga : Pasokan Energi Pembangkit Aman Jelang Idul Fitri, PLN EPI Pastikan HOP Batu Bara di Atas 20 Hari

Menurutnya, hal itu turut didukung dengan perbaikan dampak ekonomi yang dirasakan 89,3% responden dan keleluasaan dalam mengatur waktu kerja yang diinginkan 92,2% responden. Plus, di Bandung itu sekitar 86% mitra pengemudi yang disurvei merasa dapat dengan mudah menyampaikan aspirasi lewat program-program tersebut salah satunya Kopdar Komunitas.

“Sebagai bagian dari keluarga besar Grab Indonesia, mitra pengemudi memiliki peran kunci dalam ekosistem platform kami. Tentunya, adalah kewajiban kami untuk menyediakan program-program yang tidak saja dirasakan berguna oleh mitra pengemudi, tapi juga sebagai bentuk dukungan serta apresiasi kami terhadap para mitra. Melihat hasil survei ini yang menunjukkan tingginya loyalitas dan kepercayaan mitra kepada Grab, mengingatkan kami untuk juga selalu setia kepada para mitra,” tuturnya.

Sementara itu, Peneliti Utama Indikator Kennedy Muslim mengaku pihaknya cukup jarang persepsi positif yang sangat tinggi dapat tercapai. Untuk itu, hasil temuan dari survei itu relatif menarik bagi pihaknya sebagai peneliti. Terlebih, 64% responden hanya bergantung pada pemasukan sebagai mitra pengemudi sebagai sumber pendapatan utama. 

Baca Juga : Jelang Lebaran Tahun Ini, XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Data di Jabar

“85% responden merasa bangga menjadi mitra pengemudi Grab dan merekomendasikan Grab bagi mereka yang memiliki ketertarikan untuk jadi ojol. Efektivitas program yang diadakan Grab untuk mitra pengemudi juga berdampak sangat positif meningkatkan level kedekatan identitas dan loyalitas kepada Grab yang kami analisa sebagai driver engagement. Aspek ini kemungkinan juga diperkuat dengan perbaikan dampak ekonomi yang dirasakan oleh 89,3% responden dan keleluasaan dalam mengatur waktu kerja yang diinginkan oleh 92,2% responden,” jelas Kennedy. 

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani