2024 Tanpa Angkot, Pemkot Bandung Pastikan Nasib Para Sopir

Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna memastikan, rencana konversi angkutan kota (angkot) menjadi mikro bus pada 2024 tetap melibatkan sopir angkot.

2024 Tanpa Angkot, Pemkot Bandung Pastikan Nasib Para Sopir
Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna

INILAHKORAN, Bandung - Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna memastikan, rencana konversi angkutan kota (angkot) menjadi mikro bus pada 2024 tetap melibatkan sopir angkot.

Ema Sumarna mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tidak akan mengabaikan nasib para sopir angkot. Para sopir tersebut, nantinya akan tetap menjadi bagian peralihan moda transportasi.

"Saya sudah mewanti-wanti. Dalam konsep ini, mereka tidak menjadi pengangguran atau hilang mata pencaharian. Tapi mereka menjadi bagian tenaga kerja, yang akan dikelola oleh operator," kata Ema Sumarna, Senin 18 September 2023.

Baca Juga : Usai Diresmikan, Dishub KBB Bakal Lengkapi Sarpras di Kawasan Stasiun KCJB Padalarang

Menurut Ema, Pemkot Bandung telah membahas terkait nasib para sopir dengan menggelar rapat bersama organisasi angkutan darat (organda) dan koperasi-koperasi yang mengelola angkot.

Ke depan, para sopir angkot tidak lagi mengejar uang setoran untuk menutupi kebutuhan sehari-hari. Namun, mereka telah memiliki penghasilan tetap yang dibayarkan dan disepakati oleh operator.

"Saya tidak berkhayal. Saya melihat itu terjadi di Semarang. Di Semarang itu sudah tidak ada lagi angkot, mereka sudah berpindah ke publik transport. Berangkat sesuai prosedur. Ada tidak ada penumpang, mobil itu tetap bergerak," ucapnya.

Baca Juga : World Cup U-17 Segera Dimulai, Stadion Si Jalak Harupat Siap Mendunia

Sebelumnya, Pemkot Bandung siap mengkonversi angkot menjadi mikro bus sebagai upaya mewujudkan transportasi yang lebih aman dan nyaman pada 2024 mendatang.

Halaman :


Editor : Ahmad Sayuti