Enam Wisata Alam Bakal Membuat Anda Jatuh Cinta dengan Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki berbagai bentang alam memesona, mulai dari gunung, danau, pantai, lautan hingga hutan. Dengan luas wilayah sekitar 7,81 juta kilometer persegi dan sekitar 17.499 pulau, membuat potensi wisata alam Indonesia tak ada habisnya untuk ditelusuri.

Enam Wisata Alam Bakal Membuat Anda Jatuh Cinta dengan Indonesia
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki berbagai bentang alam memesona, mulai dari gunung, danau, pantai, lautan hingga hutan. Dengan luas wilayah sekitar 7,81 juta kilometer persegi dan sekitar 17.499 pulau, membuat potensi wisata alam Indonesia tak ada habisnya untuk ditelusuri./antarafoto
INILAHKORAN, Bandung-Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki berbagai bentang alam'>alam memesona, mulai dari gunung, danau, pantai, lautan hingga hutan. Dengan luas wilayah sekitar 7,81 juta kilometer persegi dan sekitar 17.499 pulau, membuat potensi wisata'>wisata alam'>alam Indonesia tak ada habisnya untuk ditelusuri.
 
Pesona alam'>alamnya yang tak ternilai juga mengundang decak kagum dunia internasional untuk memanfaatkannya dengan berwisata'>wisata. Kekayaan wisata'>wisata alam'>alam yang ada di negeri ini memang layak dan patut dibanggakan oleh masyarakat Indonesia.

 

Dikutip dari siaran resmi Pegipegi, Rabu, berikut adalah enam tempat wisata'>wisata alam'>alam Indonesia yang bisa dijadikan destinasi pilihan liburan dan membuat Anda semakin jatuh cinta dengan Indonesia.

 

Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara
 
Taman Nasional Bunaken bisa dikatakan sebagai salah satu surga bagi penikmat wisata'>wisata bahari karena keindahan bawah lautnya, terutama ekosistem terumbu karang yang sangat kaya. Sebagai salah satu kawasan konservasi laut sekaligus tempat wisata'>wisata, Taman Nasional Bunaken memiliki luas terumbu karang sekitar 11.709 hektare dengan 390 spesies terumbu karang.
 
Taman nasional ini juga memiliki hutan bakau dengan luas sekitar 2.434 hektare dan 28 spesies. Di hutan bakau tersebut terdapat habitat kepiting, moluska, dan burung laut. Tak hanya itu, ada pula padang lamun seluas 5.108 hektare dengan 9 spesies –lebih dari 2.000 spesies ikan karang, 8 spesies mamalia laut, dan 200 spesies moluska– dan beberapa jenis hutan bakau yang luasnya mencapai 2.434 hektare dengan 28 spesies.

 

Baca Juga : BBM Naik Berimbas Kepada Kebaikan Harga Bahan Pokok

Sedangkan di kawasan darat Taman Nasional Bunaken terdapat pohon sagu, woka, silar, sampai kelapa. Anda juga akan menemukan beberapa spesies hewan darat seperti rusa dan kuskus.

 

Untuk menuju Taman Nasional Bunaken, Anda harus menyeberang via Pelabuhan Manado. Sesampainya di pelabuhan, Anda akan diarahkan menaiki perahu motor menuju pulau pilihan di kawasan Taman Nasional Bunaken dengan waktu tempuh ke tiap pulau pilihan bervariasi, yakni sekitar 20 hingga 60 menit.
 
Untuk memasuki kawasan Taman Nasional Bunaken, turis domestik akan dikenakan tiket sebesar Rp5.000 dan Rp150.000 bagi turis asing, per orang.


 
Wae Rebo, Kabupaten Manggarai
 
Sering kali disebut sebagai negeri di atas awan dari Timur Indonesia, desa wisata'>wisata yang terletak di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini memang sangat mengagumkan. Betapa tidak, pemandangan alam'>alam di sekitar Wae Rebo sangat hijau dengan udara yang begitu sejuk dan segar. Setiap pagi dan sore, desa ini diselimuti kabut. Alih-alih mengurangi keindahan desa, keberadaan selimut kabut tersebut justru membuat pemandangan desa ini menjadi luar biasa.

 

Adapun daya tarik dari desa ini adalah rumah khas berbentuk kerucut yang disebut Mbaru Niang. Mbaru diartikan sebagai rumah, dan Niang berarti tinggi dan bulat. Desa ini juga memiliki satu rumah khusus yang dianggap sebagai rumah utama. Rumah ini diisi oleh sekitar delapan kepala keluarga. Selain itu, rumah utama juga dimanfaatkan untuk menyambut para tamu secara adat dan menggunakan bahasa Manggarai. Para tamu bisa menginap secara komunal bersama tamu lainnya di Mbaru Niang –khusus tamu–.

 

Baca Juga : Komisi V DPRD Jabar Tinjau Kegiatan ANBK SMAN 1 Majalengka

Selain finansial, pastikan pula kemampuan fisik Anda untuk melakukan perjalanan ke Wae Rebo dalam'>alam keadaan baik. Sebab, untuk menuju ke tempat ini, Anda harus mengombinasikan perjalanan udara dan darat yang cukup panjang. Selain itu, Anda juga harus memastikan beberapa hal lain seperti, membawa perlengkapan tambahan mencakup jaket dan kaos kaki hingga uang tunai lantaran di sana tidak ada mesin ATM.
 
Gunung Bromo, Jawa Timur

 

Halaman :


Editor : JakaPermana