Ini Strategi Disdik Jabar Cegah Pungli PPDB 2024

Sejumlah strategi telah disiapkan Disdik Jabar guna mencegah terjadinya pungutan liar (pungli) pada pelaksanaan penerimaan peserta didik baru PPDB 2024 yang akan dimulai pada awal Juni mendatang.

Ini Strategi Disdik Jabar Cegah Pungli PPDB 2024
Kepala Disdik Jabar Wahyu Mijaya mengatakan, pihaknya bersama Saber Pungli akan menyebar pemasangan spanduk, guna mencegah adanya upaya terjadinya pungli pada proses PPDB 2024. (yuliantono)

INILAHKORAN, Bandung - Sejumlah strategi telah disiapkan Disdik Jabar guna mencegah terjadinya pungutan liar (pungli) pada pelaksanaan penerimaan peserta didik baru PPDB 2024 yang akan dimulai pada awal Juni mendatang.

Kepala Disdik Jabar Wahyu Mijaya mengatakan, pihaknya bersama Saber Pungli akan menyebar pemasangan spanduk, guna mencegah adanya upaya terjadinya pungli pada proses PPDB 2024.

"Kemudian kedua, Disdik Jabar bersama Saber Pungli juga akan ada di sekolah-sekolah untuk memantau dan memonitor selama proses PPDB 2024 tersebut," ujar Wahyu usai Bewara Jawa Barat (BEJA), volume 5 bertajuk Kick Off PPDB Jabar 2024 di Gedung Sate, Rabu 8 Mei 2024.

Baca Juga : Bey Machmudin Upayakan Solusi, Sikapi Tuntutan Warga Terdampak Ledakan Gudmurah

Dia melanjutkan, bila diduga ada indikasi kecurangan dan pungli maka pihaknya akan segera melakukan tindaklanjut, untuk memastikan kesalahan yang terjadi.

"Karena bisa jadi kesalahan administrasi atau bisa jadi ada keinginan jahat. Itu akan kita lihat yang penting kita akan coba lakukan prosesnya," ucapnya.

Bila nyatanya indikasi kecurangan kata Wahyu disebabkan oleh pihak sekolah, maka Disdik Jabar dipastikan akan melakukan tindakan tegas.

Baca Juga : Disnakertrans Jabar Apresiasi Semangat Apindo dan Serikat Pekerja, Cari Solusi Turunkan TPT

"Misal mengarah pidana, siapa yang proses maka itu diterapkan. Dari sisi kami, mengawal tiap proses administrasinya benar, mengawal panitia PPDB itu melakukan dengan benar. Tidak ada Pungli, hal-hal kepentingan pribadi," tandasnya. (yuliantono)


Editor : Doni Ramdhani

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.