Komitmen Akselerasi Transisi Energi PLN dan MUJ Perkuat Sinergi

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT PLN (Persero) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat PT Migas Utama Jabar (Perseroda) / MUJ bersama melakukan komitmen untuk mengakselerasi transisi energi.

Komitmen Akselerasi Transisi Energi PLN dan MUJ Perkuat Sinergi

INILAHKORAN, Bandung - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT PLN (Persero) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat PT Migas Utama Jabar (Perseroda) / MUJ bersama melakukan komitmen untuk mengakselerasi transisi energi.

Kolaborasi dua badan usaha tersebut semangatnya untuk membangun Net Zero Emission (NZE) tahun 2060, dan mendukung transisi energi dengan tujuan pengurangan emisi melalui elektrifikasi di berbagai bidang.

PLN dan MUJ menuangkan komitmen tersebut dalam sebuah penandatanganan memorandum of understanding (MoU)  yang digelar di Bali, Selasa 1 November 2022. Hartanto Wibowo selaku Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PT PLN bersama Begin Troys selaku Direktur Utama MUJ membubuhkan penandatanganan MoU tersebut. Dalam rangkaian agenda bertema Energy Transition Day hadir Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan Gubernur Bali Wayan Koster.

Baca Juga : Berkolaborasi Dengan Budayawan Lokal, Cadisdik Wilayah IX Jabar Gelorakan Semangat Literasi Peserta Didik

Begin mengatakan, MUJ selaku BUMD Induk (holding) Pemprov Jabar yang bergerak dalam bidang energi dan sumber daya mineral melakukan langkah optimalisasi potensi energi yang ada dalam rangka pemenuhan kebutuhan energi nasional khususnya di Jawa Barat. Melalui langkah strategis dengan melakukan penandatangan MoU bersama PLN ini menurut Begin akan mendukung upaya pemerintah memenuhi permintaan listrik dari sumber energi terbarukan. 

“Kami di sini bersama PLN mendukung transisi energi dengan tujuan pengurangan emisi melalui elektrifikasi di berbagai bidang yang bisa kita maksimalkan satu sama lain,” kata Begin dalam keterangan tertulisnya, Selasa 1 November 2022. 

Begin menyebut, PLN dan MUJ masing-masing memiliki kemampuan untuk memberikan dukungan dalam pola kerja sama secara kelembagaan yang saling menguntungkan untuk mewujudkan program tersebut dengan tetap memperhatikan ketentuan dan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance).

Baca Juga : Alhamdulillah, Sejumlah Maskapai Dipastikan Gunakan Bandara Kertajati untuk Keberangkatan Umrah November Ini

Ragam potensi kerja sama dengan PLN akan terus dikembangkan. Lanjut Begin, pengembangan sistem dan pengusahaan infrastruktur kendaraan listrik untuk mewujudkan program perubahan iklim dan pengurangan emisi sudah dilakukan melalui kerja sama dalam penyediaan SPKLU di fasilitas-fasilitas umum yang dikelola oleh Pemprov  Jabar.

Halaman :


Editor : Ahmad Sayuti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.