Pemprov Jabar Apresiasi Kinerja Satgas Sektor 6 Pulihkan Sungai Citarum

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengapresiasi kinerja Satgas Sektor 6 Oxbow Bojongsoang, Kabupaten Bandung, dalam upaya memulihkan Sungai Citarum.

Pemprov Jabar Apresiasi Kinerja Satgas Sektor 6 Pulihkan Sungai Citarum
Sekda Jabar Herman Suryatman mengatakan, telah banyak perbaikan yang terjadi di Sektor 6 dalam upaya pemulihan Sungai Citarum, dimana dari Program Citarum Harum. (istimewa)

INILAHKORAN, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengapresiasi kinerja Satgas Sektor 6 Oxbow Bojongsoang, Kabupaten Bandung, dalam upaya memulihkan Sungai Citarum.

Sekda Jabar Herman Suryatman mengatakan, telah banyak perbaikan yang terjadi di Sektor 6 dalam upaya pemulihan Sungai Citarum, dimana dari Program Citarum Harum.

Bersama masyarakat Kecamatan Baleendah dan Bojongsoang yang hampir sekitar 400 ribu kepala keluarga, Satgas Sektor 6 secara perlahan mampu meningkatkan indeks kualitas air.

Baca Juga : Kafe Terapung di Babakan Irigasi Tercemar Lagi, Sekda Jabar Minta Dua Bulan Bersih 

"Ini salah satu bukti, walaupun sangat kompleks dengan penduduk padat. Limbah rumah tangga, domestik dan lainnya bisa diurai. Bagaimana partisipasi masyarakat yang sudah nagus ini ditingkatkan lagi," kata Sekda Herman usai meninjau Oxbow Bojongsoang Sektor 6, Minggu 9 Juni 2024.

Dia juga mendorong agar Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Lingkungan Hidup dapat bersiap, sebab setelah berakhirnya Perpres 15/2018 tentang Program Citarum Harum pada akhir 2025 mendatang, untuk melanjutkan pemulihan yang telah dilakukan.

Dia berharap, kolaborasi antara Pemkab Bandung dan masyarakat dapat berjalan maksimal guna menjaga kualitas air Sungai Citarum yang melintasi wilayah mereka.

Baca Juga : Sekda Jabar Minta DLH Kota Bandung Bantu Sarpras Pengelolaan Magot, Kurangi Sampah Organik

"Pengelolaan nanti ada di Pemkab. Kita harus bisa melanjutkan, jaga lingkungan," ucapnya.

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.