Aplikasi Mobile JKN Wujud Nyata Transformasi Mutu Layanan yang Mudah, Cepat, dan Setara

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berupaya dalam meningkatkan Pelayanan kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Transformasi Mutu Layanan.

Aplikasi Mobile JKN Wujud Nyata Transformasi Mutu Layanan yang Mudah, Cepat, dan Setara
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berupaya dalam meningkatkan Pelayanan kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Transformasi Mutu Layanan.

INILAHKORAN, Bandung – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berupaya dalam meningkatkan Pelayanan kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Transformasi Mutu Layanan.

Transformasi Mutu Layanan menjadi fokus utama BPJS Kesehatan Tahun ini dalam memberikan pelayanan yang mudah, cepat, dan setara, salah satunya dengan melahirkan Aplikasi Mobile JKN. Aplikasi Mobile JKN adalah salah satu bentuk Peningkatan Mutu Melalui Pemanfaatan Teknologi Digital.

Mudah, cepat, dan setara hal itulah yang dirasakan oleh Ferdy Liman (47). Dirinya merupakan peserta Jaminan Kesehatan Nasional yang sudah bergabung sejak tahun 2014. Pengalaman pertamanya dalam menggunakan aplikasi ini, yaitu ketika kunjungannya dalam rangka menjalani pengobatan kakinya yang sedang bengkak di UPTD Puskesmas Garuda Bandung

Pengalaman ini membuat Ferdy ingin bercerita kepada tim Jamkesnews mengenai kemudahan penggunaan Aplikasi Mobile JKN dalam menggunakan fitur antrean online di UPTD Puskesmas Garuda Bandung.

“Pertama kali saya berobat menggunakan BPJS Kesehatan, dan saya sangat dimudahkan dengan adanya Aplikasi Mobile JKN, aplikasi ini sangat bermanfaat karena penggunaannya yang mudah dan belum pernah ada kendala sedikitpun, fitur yang sangat bermanfaat adalah fitur antrean online Saya sudah mengambil antrean online dari semalam dan ini menghemat waktu, terutama bagi Saya sebagai seorang pekerja, sehingga pagi ini Saya datang sesuai dengan estimasi dari Aplikasi Mobile JKN karena di dalam aplikasinya sudah dituliskan perkiraan pemeriksaan jadi kita datang ke Puskesmas menyesuaikan dengan jam tersebut,” cerita Ferdy 20 Oktober 2023.

Pengalaman yang Ferdy rasakan tersebut mencerminkan Pelayanan yang mudah, cepat, dan setara. Melalui aplikasi ini, peserta dapat mendaftar secara online sebelum mengakses fasilitas Kesehatan yang akan dikunjunginya untuk berobat dan mengetahui estimasi pemeriksaan oleh dokter, sehingga peserta tidak perlu mengantre lama dan mencegah terjadinya penumpukan peserta di puskesmas. 

Peserta tidak perlu lagi susah payah datang dari pagi hanya untuk sekedar mengambil nomor antrean. Semua prosedur yang harus dilakukan sudah difasilitasi melalui aplikasi yang dapat diakses dengan mudah melalui smartphone.

Halaman :


Editor : Ahmad Sayuti