Biaya Masuk Fakultas Kedokteran PTN Senilai Alphard, Jokowi Disenggol Soal Era Peningkatan SDM

Dede Yusuf menyinggung mahalnya masuk Fakultas Kedokteran PTN dan menganalogikannya dengan seharga mobil Alphard. Padahal Jokowi ingin tingkatkan SDM

Biaya Masuk Fakultas Kedokteran PTN Senilai Alphard,  Jokowi Disenggol Soal Era Peningkatan SDM
Dede Yusuf menyinggung mahalnya masuk Fakultas Kedokteran PTN dan menganalogikannya dengan seharga mobil Alphard. Padahal Jokowi ingin tingkatkan SDM.

INILAHKORAN, Bandung- Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf menyinggung statement Presiden Jokowi soal peningkatan SDM dikaitkan dengan mahalnya biaya masuk Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Dede Yusuf menyinggung mahalnya masuk Fakultas Kedokteran PTN dan menganalogikannya dengan seharga mobil Alphard.

"Nah, sayangnya, angka kemahalan ini masih luar biasa. Mungkin Pak Dirjen juga paham bahwa untuk masuk kedokteran pak, saya sudah dapat ini banyak data ini, masya Allah, itu biaya institusinya bisa beli Alphard satu Pak," ungkap Dede Yusuf saat rapat dengan Eselon I Kemendikbudristek, Rabu 19 Juni 2026 seperti dikutip dari inilah.com.

Baca Juga : Berharap Efek Ekor Jas, Golkar Ingin Ridwan Kamil Maju di Pilkada Jabar Ketimbang Jakarta

Dede Yusuf memang menjadikan isu mahalnya biaya masuk PTN dalam rapat yang juga dihadiri Kemendagri, dan Kemeneu terkait Panja Pembiayaan Pendidikan itu.

"Walaupun kemarin sudah ada peraturan baru untuk membatalkan kenaikan UKT, tetapi ternyata masih banyak UKT-UKT ini yang harganya luar biasa sekali," bebernya.

Lebih lanjut, Dede Yusuf menyinggung pernyataan Jokowi tentang era peningkatan SDM saat ini.

Baca Juga : Tegas Dukung Ridwan Kamil Maju di Pilkada Jakarta, Zulkifli Hasan: Semua Setuju!

"Nah berarti kita harus menyiapkan anak-anak kita untuk masuk kepada industri 5.0 ataupun industri 4.0 yang mana kemampuan berpikir yang kritis, analitik, dan lain-lain mestinya sudah disiapkan," kata Dede Yusuf.

Halaman :


Editor : Bsafaat