Lampaui Target, PLN Sukses Turunkan Gangguan Kelistrikan Lebih dari 25 Persen pada 2022

PT PLN (Persero) berhasil menurunkan intensitas gangguan kelistrikan pelanggan hingga lebih dari 25 persen sepanjang 2022 kemarin. 

Lampaui Target, PLN Sukses Turunkan Gangguan Kelistrikan Lebih dari 25 Persen pada 2022
Capaian ini diperoleh dari keberhasilan perseroan dalam menurunkan durasi gangguan per pelanggan hingga 27 persen dan frekuensi gangguan per pelanggan hingga 25 persen. (istimewa)

INILAHKORAN, Bandung - PT PLN (Persero) berhasil menurunkan intensitas gangguan kelistrikan pelanggan hingga lebih dari 25 persen sepanjang 2022 kemarin. 

Capaian ini diperoleh dari keberhasilan perseroan dalam menurunkan durasi gangguan kelistrikan per pelanggan hingga 27 persen dan frekuensi gangguan per pelanggan hingga 25 persen. 

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan, capaian ini adalah buah dari transformasi pada sisi layanan pelanggan.

Baca Juga : Meteran Listrik AMI, Cara  Baru PLN Manjakan Pelanggan

"Dalam situasi pascapandemi kami berhasil menata ulang cara pandang pengembangan bisnis yang dulunya stagnan menjadi dinamis dan forward looking. Proses bisnis yang tadinya berserak juga sudah kami streamlining sehingga pelayanan pelanggan semakin cepat dan memuaskan," papar Darmawan saat melaporkan kinerja PLN selama tahun 2022 pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Jakarta, Rabu 7 Juni 2023.

Darmawan merinci, pada 2022 PLN berhasil menurunkan System Average Interruption Duration Index (SAIDI) atau rata-rata durasi gangguan selama 122,8 menit per pelanggan. Dari target durasi padam selama 586 menit per pelanggan, PLN sukses menurunkannya menjadi 463,2 menit per pelanggan per tahun.

Pada saat bersamaan, PLN juga berhasil menekan System Average Interruption Frequency Index (SAIFI) atau rata-rata frekuensi gangguan sebanyak 1,38 kali per pelanggan. Dari target frekuensi gangguan kelistrikan sebanyak 7,0 kali per pelanggan, perseroan sukses menurunkannya menjadi 5,62 kali per pelanggan per tahun.

Baca Juga : Perkuat Sistem Kelistrikan di Wilayah Perbatasan, PLN Kembangkan PLTS di Sambas-Kalbar

Menurutnya, capaian PLN tersebut tidak terlepas dari transformasi digital di sisi pelayanan pelanggan melalui Super Apps PLN Mobile.

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani