Masih Banyak PR, Bey Machmudin Harap Program Citarum Harum Terus Berlanjut

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengakui, masih banyak pekerjaan rumah (PR) dalam penanganan Citarum Harum. Maka dari itu dia berharap, program tersebut dapat terus berlanjut.

Masih Banyak PR, Bey Machmudin Harap Program Citarum Harum Terus Berlanjut
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin/Yuliantono

INILAHKORAN, Bandung - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengakui, masih banyak pekerjaan rumah (PR) dalam penanganan Citarum Harum. Maka dari itu dia berharap, program tersebut dapat terus berlanjut.

Bey Machmudin mengatakan, rapat koordinasi (Rakor) yang dilakukan bersama Satgas Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan (PPK) Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis 30 November 2023. Bertujuan untuk mengkaji lebih dalam, apa saja yang harus dilakukan.

Sebelum rencana aksi Citarum Harum berakhir di 2025 mendatang. Mengingat masih banyak target yang belum terealisasi kata Bey Machmudin, untuk dirampungkan.

Baca Juga : Bey Machmudin Apresiasi Respon Cepat Stakeholders dalam Penanganan Bencana Alam

"Rakor Citarum, penegasan bahwa masih harus ditingkatkan upaya. Ada beberapa hal. Periode rencana aksi hingga 2025, karena masih banyak target yang belum tercapai," ujarnya.

Maka dari itu dia sangat berharap, program Citarum Harum dapat terus berlanjut hingga dinyatakan telah sesuai harapan. Termasuk sungai lainnya, yang juga mengalami pencemaran.

Sebab menurutnya, cukup banyak sungai-sungai di Jawa Barat sudah tercemar akibat ulah oknum yang tidak bertanggungjawab. Sehingga perlu mendapatkan perhatian untuk turut dibenahi.

Baca Juga : PVMBG Imbau Masyarakat Hindari Mendaki Gunung Saat Musim Hujan

"Anggaran tetap kami sediakan yang pasti aksi akan terus berlanjut. Memang Citarum Harum bukan hanya diperpanjang, tapi harus diperluas ke sungai lainnya. Masih banyak sungai yang terkena polusi atau limbah," tandasnya. (Yuliantono)***


Editor : JakaPermana