Pemprov Jabar Kejar Target Deadline Citarum Harum

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman mengungkapkan, pihaknya tengah mengejar target deadline program Citarum Harum yang akan berakhir pada 2025 mendatang.

Pemprov Jabar Kejar Target Deadline Citarum Harum
Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman mengungkapkan, pihaknya tengah mengejar target deadline program Citarum Harum yang akan berakhir pada 2025 mendatang./Yuliantono

INILAHKORAN, Bandung - Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman mengungkapkan, pihaknya tengah mengejar target deadline program Citarum Harum yang akan berakhir pada 2025 mendatang.

Mengingat, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum yang diinisiasi Presiden Joko Widodo akan berakhir pada 2025 kelak.

"Kami mengundang 13 komandan sektor Citarum Harum, kita akan konsolidasikan. Pak Gubernur (Bey Machmudin) menginstruksikan Citarum Harum digenjot lagi, karena target Perpres di 2025 harus 60 (poin), sekarang masih 50," ujar Sekda Herman di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu 5 Juni 2024.

Baca Juga : Rapim, Bey Machmudin Minta OPD Gencarkan Inovasi

Mengingat saat ini kualitas Sungai Citarum masih jauh dari sesuai harapan, sehingga diharapkan di masa waktu tersisa sekitar 1,5 tahun lagi, dapat dioptimalkan untuk mengejar Indeks Kualitas Air Sungai Citarum sesuai target.

"Itu berat, makanya kita lakukan. Bukan hanya pendekatan struktural. Titik berat pendekatan kultural," ucapnya.

Dalam waktu dekat sambung Sekda Herman, pihaknya secara marathon akan mendatangi 13 kota kabupaten/kota untuk membangun kolaborasi guna mengakselerasi pemulihan Sungai Citarum.

Baca Juga : Bey Machmudin Sayangkan Ulah Oknum Bobotoh yang Rusak Mobil Warga

"Untuk komunukasi. (Harus) Sabilulungan, gotong royong," pungkasnya. (Yuliantono)***


Editor : JakaPermana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.