Rekomendasi 9 Minyak Essensial untuk Hilangkan Ketombe Pada Kulit Kepala

pengobatan alami untuk menghilangkan ketombe seperti minyak atsiri atau yang dikenal dengan minyak esensial.

Rekomendasi 9 Minyak Essensial untuk Hilangkan Ketombe Pada Kulit Kepala
minyak essensial untuk rambut/freepik

INILAHKORAN, Bandung - Ketombe adalah kondisi kulit kepala umum yang dapat meninggalkan serpihan kulit mati berwarna putih atau kekuningan pada rambut dan bahu. 

Ketombe dapat berukuran kecil dan seperti tepung atau lebih besar dan lebih terlihat. Ketombe dapat membuat kulit kepala terasa gatal dan teriritasi, yang dapat mengganggu dan menjengkelkan. 

Menggunakan sampo antiketombe yang mengandung bahan-bahan seperti zinc pyrithione, selenium sulfide, asam salisilat, dan ketoconazole dapat membantu menghilangkan ketombe atau Anda juga dapat menggunakan pengobatan alami untuk menghilangkan ketombe seperti minyak atsiri atau yang dikenal dengan minyak esensial.

Baca Juga : Jangan Sembarangan Cabut Uban Jika Tak Mau Hadapi 7 Efek Samping Ini!

Minyak atsiri adalah ekstrak tanaman pekat yang mengandung aroma alami dan khasiat bermanfaat dari sumbernya, ungkap ahli kosmetik dan ahli kulit Dr. Jatin Mittal.

Minyak atsiri biasanya diperoleh melalui proses seperti penyulingan (seringkali dengan uap) atau metode mekanis, seperti pengepresan dingin.

Minyak esensial dapat efektif dalam mengatasi ketombe karena sifat antijamur, antibakteri, dan antiradangnya, kata sang ahli. Berikut ini beberapa di antaranya:

Baca Juga : Belum Banyak yang Tahu, Inilah Segudang Manfaat Minyak Peppermint untuk Kesehatan Rambut

1. Minyak pohon teh
Minyak pohon teh tampaknya efektif dan dapat ditoleransi dengan baik dalam pengobatan ketombe, menurut sebuah studi tahun 2002 yang diterbitkan dalam Journal of the American Academy of Dermatology . Minyak ini memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang kuat yang dapat membantu mengurangi ketombe yang disebabkan oleh ragi dan jamur.

Halaman :


Editor : Firda Rachmawati