Sampah Numpuk di TPS Ciwastra, Ema: Perumda Pasar Tanggung Jawab!

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya meminimalisir dan mengendalikan tumpukan sampah di sejumlah tempat pembuangan sampah sementara (TPS). Termasuk TPS Pasar Ciwastra yang sudah menampung sampah melebihi kapasitasnya.

Sampah Numpuk di TPS Ciwastra, Ema: Perumda Pasar Tanggung Jawab!
Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna minta Perumda Pasar tanggung jawab soal tumpukan sampah di TPS Pasar Ciwastra.

INILAHKORAN, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya meminimalisir dan mengendalikan tumpukan sampah di sejumlah tempat pembuangan sampah sementara (TPS). Termasuk TPS Pasar Ciwastra yang sudah menampung sampah melebihi kapasitasnya. 

Menurut Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna, Perumda Pasar harus turut menyelesaikan masalah sampah TPS Pasar Ciwastra agar tidak menggunung dan menjadi beban Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

"Perumda Pasar harus punya tanggung jawab. Ini akan kita bicarakan," kata Ema Sumarna, Senin 8 Mei 2023.

Baca Juga : WHO Cabut Status Darurat Covid-19, Pemkot Bandung Tunggu Lonceng Pemerintah Pusat

Ema Sumarna memastikan, akan menyiapkan sarana dan prasarana untuk pengendalian sampah di Pasar Ciwastra dengan cara menutup sementara TPS agar lebih tertata dan rapi.

"Kita pakai seng supaya nanti orang datang ke pasar itu tidak langsung lihat gunungan sampah. Secara bertahap dalam waktu tiga hari, bisa kita bersihkan," ucapnya. 

Di luar itu, Ema mendorong aparat kewilayahan untuk terus mengedukasi warga soal sampah. Sehingga warga bisa mengurangi produksi sampah dan bisa menahan untuk tidak membuang sampah ke TPS.

Baca Juga : Sampah Menumpuk di KBB, Walhi Jabar Tawarkan Solusi

"Masyarakat masih menganggap sampah itu adalah barang-barang sisa yang memang harus jauh dan tidak ada pemikiran untuk dimanfaatkan. Ini pekerjaan besar, mengedukasi masyarakat itu tidak mudah," ujar dia.

Halaman :


Editor : Zulfirman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.