Sapawarga jadi Solusi Integrasi Layanan Publik Pemprov Jabar

Aplikasi Sapawarga ini dikembangkan untuk memberikan informasi, komunikasi, dan aspirasi antara ketua RW sebagai pengguna awal

Sapawarga jadi Solusi Integrasi Layanan Publik Pemprov Jabar
Dewan Eksekutif Tim Akselerasi Pembangunan Provinsi Jawa Barat Juwanda

INILAHKORAN, Bandung- Dewan Eksekutif Tim Akselerasi Pembangunan Provinsi Jawa Barat, Juwanda menjelaskan bahwa Sapawarga Jabar Super Apps hadir sebagai solusi inovatif yang mengintegrasikan layanan-layanan publik ke dalam satu platform yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat Jawa Barat.

Pada awal inisiasi di tahun 2019, aplikasi Sapawarga ini dikembangkan untuk memberikan informasi, komunikasi, dan aspirasi antara ketua RW sebagai pengguna awal. Hal itu difokuskan karena ketua RW bisa menjadi simpul utama dalam penyebaran informasi terkait program pemerintah. Hingga pada tahun 2022, Sapawarga dirilis secara publik sehingga dapat diakses oleh seluruh masyarakat.

Ia menjelaskan, aplikasi Sapawarga ini mengintegrasikan berbagai layanan publik Jawa Barat ke dalam satu platform, mulai dari informasi hingga transaksional. Beberapa fitur yang telah tersedia di dalamnya adalah pembayaran pajak kendaraan, lowongan pekerjaan, perizinan usaha, pembelian tiket wahana publik, pendidikan, kesehatan, kegiatan RW, dan berita terkini terkait Jawa Barat.

Baca Juga : Pemprov Jabar Berhasil Mengajak Sejumlah Anggota NII Binaan Panji Gumilang Kembali ke Pangkuan NKRI

Sapawarga Jabar Super Apps juga berhasil menyederhanakan proses transaksional di layanan publik, seperti pembayaran pajak kendaraan yang sebelumnya membutuhkan 17 langkah, tetapi melalui Sapawarga, cukup dilakukan dalam 4 langkah saja,” ujar Juwanda melalui siaran tertulis, Senin  28 Agustus 2023.

Data menunjukkan bahwa sebanyak 1.905.688 keluarga telah menerima manfaat bansos bagi masyarakat terdampak covid selama tahun 2020, setelah ketua RW berhasil melakukan verifikasi data dengan lebih efisien melalui aplikasi ini.

Selain itu, pada saat terjadi kelangkaan minyak goreng di tahun 2022, program Pemirsa Budiman telah memberikan manfaat bagi 118.135 keluarga. Masyarakat melalui ketua RW melakukan pemesanan minyak goreng bersubsidi secara online dan langsung dikirim ke rumah masing-masing warga dalam rangka mengurangi kerumunan terutama dalam masa pandemi Covid-19.

Baca Juga : Bus Karyawan Tingkatkan Pelayanan Transportasi Buruh dan Pekerja Migran

Implementasi Sapawarga Jabar Super Appsmemberikan dampak positif dalam meningkatkan aksesibilitas layanan publik di Jawa Barat. Setidaknya terdapat 126.745 masyarakat yang telah mengakses Sapawarga dengan 62.960 monthly active user.

Halaman :


Editor : Ahmad Sayuti