Wegi Puas Pelayanan Program JKN Jamin Kesehatan Mental

Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan sebagai bentuk kepedulian negara terhadap masyarakat Indonesia di bidang kesehatan. 

Wegi Puas Pelayanan Program JKN Jamin Kesehatan Mental
Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan sebagai bentuk kepedulian negara terhadap masyarakat Indonesia di bidang kesehatan. 

INILAHKORAN, Bandung - Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan sebagai bentuk kepedulian negara terhadap masyarakat Indonesia di bidang kesehatan. 

Dalam penyediaan layanan kesehatannya, Program JKN juga mencakup layanan kesehatan mental sebagai bagian dari manfaat yang disediakan. Hal tersebut mencakup konseling, terapi, dan pengobatan untuk masalah kesehatan mental pasien.

Salah satu peserta Program JKN, Wegi Wijana (31), mengaku merasa terbantu dengan kemudahan dalam melakukan pemeriksaan kesehatannya. Wegi terdaftar sebagai peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau biasa dikenal dengan peserta mandiri kelas 3 yang rutin menjalani kontrol ke poli psikiatri setiap sebulan sekali. Wegi membagikan pengalamannya selama mengakses pelayanan kesehatan di RS Pindad.

“Alhamdulillah sejauh ini pelayanan cukup mudah diakses, hanya saja perlu memastikan pendaftarannya H-1 agar mendapatkan nomor antrean untuk pasien. Untuk mendaftar pertama kali pada Aplikasi Mobile JKN, memang beberapa peserta yang sudah lanjut usia merasa sedikit kesulitan karena gagap teknologi,” ujar Wegi kepada Tim Jamkesnews, pada Kamis 16 November 2023.

Menurutnya, pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN sudah sangat membantu peserta JKN. Lebih lanjut, dirinya berharap agar prosedur pendaftaran pasien bisa diakses dari jauh-jauh hari sehingga pasien lebih tenang tanpa harus takut tidak kebagian kuota pada hari itu.

Sebagai dukungan untuk memberikan kemudahan akses terhadap semua peserta JKN, bagi peserta yang sudah berusia lanjut dan sedikit kesulitan menggunakan aplikasi, pelayanan tetap akan diberikan melalui bantuan langsung dari BPJS Kesehatan maupun mitra fasilitas kesehatan sehingga pendaftaran dan administrasi lainnya dapat tetap dilakukan. Dengan cara tersebut, pelayanan kesehatan tetap dapat dirasakan oleh semua kalangan peserta.

Selanjutnya, BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program JKN pun terus mendorong peserta termasuk lansia untuk memberikan umpan balik mengenai pengalamannya saat mengakses pelayanan kesehatan, baik secara langsung maupun melalui Aplikasi Mobile JKN. Hal ini diharapkan dapat memberikan masukan dan merancang solusi untuk pelayanan yang lebih baik lagi sesuai dengan kebutuhan peserta.

Halaman :


Editor : Ahmad Sayuti