DPRD Jabar Harap Presiden Jokowi Segera Cabut Moratorium Pemekaran Daerah

Ketua Komisi I DPRD Jabar Bedi Budiman berharap Presiden Joko Widodo dapat segera mencabut moratorium pemekaran daerah.

DPRD Jabar Harap Presiden Jokowi Segera Cabut Moratorium Pemekaran Daerah
Sembilan calon daerah persiapan otonomi baru (CDPOB) yang telah diajukan yakni Sukabumi Utara, Bogor Barat, Garut Selatan, Indramayu Barat, Bogor Timur, Cianjur Selatan, Tasikmalaya Selatan, Garut Utara, dan Subang Utara pada akhirnya dapat terealisasi jika moratorium pemekaran daerah dicabut. (yuliantono)

INILAHKORAN, Bandung - Ketua Komisi I DPRD Jabar Bedi Budiman berharap Presiden Joko Widodo dapat segera mencabut moratorium pemekaran daerah.

Sehingga, kata Bedi, sembilan calon daerah persiapan otonomi baru (CDPOB) yang telah diajukan yakni Sukabumi Utara, Bogor Barat, Garut Selatan, Indramayu Barat, Bogor Timur, Cianjur Selatan, Tasikmalaya Selatan, Garut Utara, dan Subang Utara pada akhirnya dapat terealisasi jika moratorium pemekaran daerah dicabut.

Terlebih, diakui Bedi, kehadiran sembilan CDPOB sangat dibutuhkan masyarakat, guna mengakselerasi pembangunan. Sehingga terjadi pemerataan di daerah-daerah seluruh Jawa Barat.

Baca Juga : Disdik Jabar Lakukan Simulasi, Jelang Pembukaan PPDB 2024 Pekan Depan

“Kami tetap memantau situasi di pusat, karena setelah penandatangan persetujuan gubernur dengan DPRD kita sudah serahkan ke Kemendagri, tentu saja karena gunting pitanya di presiden dicabutnya moratorium pemekaran daerah,” ujar Bedi di DPRD Jabar baru-baru ini.

Bedi melanjutkan, Jawa Barat dengan penduduk hampir menyentuh angka 50 juta jiwa, terbanyak se-Indonesia hanya memiliki 27 kota/kabupaten.

Sementara Jawa Tengah, dengan jumlah penduduk lebih sedikit sudah memiliki 35 kota/kabupaten. Demikian pula Jawa Timur, yang mencapai 38 kota/kabupaten.

Baca Juga : Ngeri!!! 2 Kursi Kepala Dinas Dipertaruhkan di PPDB 2024

Maka dari itu kata dia, pemekaran di Jabar harus dilakukan. Harapannya, dengan diluluskannya sembilan usulan CDPOB tersebut setidaknya Jawa Barat akhirnya memiliki 36 kota/kabupaten.

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita inliahkoran.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaGNP8EKrWR5pVfYAU1C
Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.