Bawaslu Kabupaten Bandung Ingatkan Anies Baswedan Jangan Kampanye saat Jalan Sehat di Soreang

Terkait rencana kedatangan Anies Baswedan ke event jalan sehat di Soreang, Bawaslu Kabupaten Bandung mewanti-wanti Partai Nasdem agar dalam kegiatan olahraga pagi itu tidak bermuatan kampanye. 

Bawaslu Kabupaten Bandung Ingatkan Anies Baswedan Jangan Kampanye saat Jalan Sehat di Soreang

INILAHKORAN, Soreang - Terkait rencana kedatangan Anies Baswedan ke event jalan sehat di Soreang, Bawaslu Kabupaten Bandung mewanti-wanti Partai Nasdem agar dalam kegiatan olahraga pagi itu tidak bermuatan kampanye. 

Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung Kahfiana mengatakan, meski saat ini aturan Pemilu 2024 belum ada namun jika terjadi unsur kampanye Anies Baswedang pada acara jalan sehat di Soreang itu dikhawatirkan dapat menimbulkan konflik di masyarakat.

"Kemarin kami sudah menemui Partai Nasdem, kami mewanti-wanti agar saat berlangsung kegiatan dalam jalan sehat di Soreang tidak ada aktivitas kampanye untuk Anies Baswedan. Kampanye itu bentuknya bisa ajakan, menerangkan visi misi dan lain sebagainya. Itu kami masukan dalam surat pencegahan yang disampaikan kepada Nasdem. Jawaban mereka, nanti itu kegiatannya jalan sehat dan pengenalan," kata Kahfiana di Soreang, Rabu 19 Januari 2023.

Baca Juga : Bawaslu Kabupaten Bandung Ingatkan Anies Baswedan Jangan Kampanye saat Jalan Sehat di Soreang

Selain tidak boleh melakukan kampanye, dia menegaskan hal yang menjadi salah satu fokus pengawasannya adalah jangan sampai ada Aparatur Sipil Negara (ASN). Sebab untuk ASN itu dalam norma etiknya, sama sekali dilarang terlibat aktivitas partai politik, simbol-simbol politik. Kemudian juga tidak ada aktivitas pengeragan pejabat yang dilarang seperti BUMD.

"Selain itu, untuk tempat juga dilakukan secara profesional. Artinya, tempat yang dipakai itu kan fasilitas umum yang dibiayai oleh uang negara, sehingga kalau ada proses sewa menyewa lakukanlah secara profesional. Kemudian, harus dipastikan jika kegiatan tersebut juga sudah mendapatkan izin dari pihak Kepolisian," ujarnya.

Kahfiana melanjutkan, langkah ini diambil untuk mencegah terjadinya persinggungan atau konflik dimasyarakat. Namun demikian, aktivitas jalan sehat dengan menghadirkan tokoh nasional Anies Baswedan ini, merupakan bentuk partisipasi masyarakat dalan tahun politik.

Baca Juga : Puluhan Penjahat Diringkus, Polrestabes Bandung Bakal Tindak Tegas Aksi Kejahatan Jalanan

"Untuk saat ini memang belum ada norma hukum yang mengatur. Kalau kita melakukan penindakan diluar aturan juga malah jadi salah. Namun demikian, jika ada ajakan atau aktivitas kampanye, itu akan menjadi bahan kajian kami," katanya.

Halaman :


Editor : Doni Ramdhani