Polda Jabar Siap Hadapi Gugatan Praperadilan Pegi Setiawan

Polda Jabar siap menghadapi gugatan praperadilan yang diajukan oleh Pegi Setiawan, tersangka kasus pembunuhan Vina dan Rizky. Tim Bidkum Polda Jabar telah dibentuk untuk menangani gugatan tersebut, meskipun belum ada panggilan resmi dari pengadilan.

Polda Jabar Siap Hadapi Gugatan Praperadilan Pegi Setiawan
Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Jules Abraham Abast, menegaskan bahwa Polda Jabar siap menghadapi gugatan praperadilan Pegi Setiawan. (Foto Antara)

INILAHKORAN, Bandung - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) menyatakan kesiapan mereka untuk menghadapi praperadilan yang diajukan oleh Pegi Setiawan, tersangka dalam kasus pembunuhan Vina dan Rizky.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Jules Abraham Abast, menegaskan bahwa Polda Jabar siap menghadapi gugatan praperadilan tersebut. "Bapak Kapolda telah memerintahkan pembentukan tim dari Bidang Hukum (Bidkum) Polda Jabar. Tim ini telah terbentuk dan siap menghadapi gugatan praperadilan dari tersangka PS (Pegi Setiawan) atau kuasa hukumnya," kata Kombes Pol Jules Abraham Abast di Polda Jabar, Rabu, 12 Juni 2024.

Namun, Jules menyatakan bahwa Polda Jabar belum menerima pemberitahuan resmi mengenai sidang praperadilan dari pihak pengadilan. "Tentu kami akan menghadapi dan menyiapkan segala hal terkait gugatan permohonan praperadilan yang diajukan. Tapi sampai saat ini, siang tadi, kami dari Polda Jabar belum menerima panggilan dari pengadilan," lanjutnya.

Baca Juga : Polda Jabar Bentuk Tim Bidang Hukum Menghadapi Praperadilan Pegi Setiawan

Terkait perkembangan pemeriksaan, penyidik Ditreskrimum Polda Jabar telah melakukan pemeriksaan psikologis terhadap Pegi dan beberapa saksi lainnya, termasuk ayah Pegi yang juga telah menjalani tes psikologis. "Untuk ibunya tersangka PS ini tidak hadir dan menolak untuk dilakukan pemeriksaan psikologi," ungkapnya.

Mengenai perpanjangan penahanan Pegi, penyidik telah mengajukan masa perpanjangan penahanan kepada pihak Kejaksaan dan pengadilan. "Kami sudah mengajukan masa perpanjangan penahanan kepada pihak kejaksaan maupun pengadilan. Kami masih melakukan penahanan terhadap PS dan saat ini juga masih berlangsung pemeriksaan tambahan terhadapnya. Kita tunggu hasilnya bersama-sama, semoga kasus ini cepat selesai," katanya.

Latar Belakang Kasus

Baca Juga : Pegi Setiawan Batal Jalani Tes Kebohongan

Pegi Setiawan, tersangka dalam kasus pembunuhan Vina di Cirebon, secara resmi mengajukan permohonan praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jawa Barat. Gugatan ini tidak hanya menargetkan Kapolri tetapi juga Polda Jabar dan Ditreskrimum Polda Jabar. Permohonan praperadilan tersebut tercatat dengan nomor perkara 10/Pid.Pra/2024/PN Bandung, sebagaimana tercantum dalam Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Bandung. Marwan Iswandi, kuasa hukum Pegi, menyatakan bahwa gugatan ini telah diajukan pada Senin, 11 Juni 2024.

Halaman :


Editor : Ghiok Riswoto