Akulaku Dorong Pelaku UMKM Makin Adaptif Saat Pandemi

Akulaku mendorong dan memberikan dukungan penuh kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar semakin adaptif menghadapi perubahan perilaku konsumen akibat pandemi Covid-19.

Akulaku Dorong Pelaku UMKM Makin Adaptif Saat Pandemi
Corporate Secretary Akulaku Finance Indonesia Wildan Kesuma. (antara)

INILAH, Jakarta - Akulaku mendorong dan memberikan dukungan penuh kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar semakin adaptif menghadapi perubahan perilaku konsumen akibat pandemi Covid-19.

Corporate Secretary Akulaku Finance Indonesia Wildan Kesuma mengatakan, pemilik bisnis saat ini musti dapat beradaptasi dengan mengoptimalkan penggunaan platform digital untuk merespons situasi keterbatasan interaksi fisik yang terjadi.

"Akulaku menyadari UMKM memiliki peranan penting terhadap perputaran roda ekonomi Indonesia. Untuk itu, kami berkomitmen untuk menghadirkan inisiatif serta edukasi berkelanjutan bagi pelaku usaha mikro agar semakin adaptif dan dapat menyusun strategi yang tepat di era kebiasaan baru," ujar Wildan dalam Webinar Literasi Keuangan & Wirausaha Akulaku di Jakarta, Jumat.

Baca Juga : Lenovo Luncurkan ThinkBook Gen 2, Versi Intel dan AMD

Head of Business Development Akulaku Silver Indonesia Yudhistira Luntungan, menyebutkan terdapat sejumlah tren yang perlu dicermati oleh pelaku usaha UMKM dalam menentukan strategi penjualan pada era kebiasaan baru.

Pertama, trafik belanja online mengalami kenaikan yang signifikan dalam setahun terakhir dengan adanya kebijakan pembatasan sosial. Hal tersebut dikonfirmasi oleh riset United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) yang menyebut bahwa volume belanja konsumen di platform marketplace mengalami kenaikan sebesar 65 persen selama masa pandemi.

"Pandemi memberikan kesempatan yang lebih baik bagi merchants, karena pola belanja konsumen sekarang terdorong menjadi serba online," ujar Yudhistira.

Baca Juga : Pengalaman Musim Lalu Bekal Quartararo di 2021

Kedua, pandemi turut meningkatkan kecenderungan konsumen untuk berbelanja brand lokal. Hal tersebut terlihat dengan terus meningkatnya volume pencarian terhadap sejumlah kategori produk yang identik dengan brand lokal selama masa pandemi.

Halaman :


Editor : suroprapanca